26 Juni 2024
Daerah

DKP Aceh Gencar Kampanye Gemarikan, Kali ini Sasar Dataran Tinggi Gayo

Foto : Foto : Abdus Syakur, S.Pi., M.Si Mewakili Kepala DKP Aceh Aliman, S.Pi., M.Si memberikan arahan kepada warga dalam program kampanye Gemarikan | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) gencar mensosialisasikan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada anak -anak dan masyarakat.

Kali ini kegiatan Gemarikan dilaksanakan oleh DKP Aceh dengan melibatkan berbagai instansi terkait lainnya menyasar masyarakat di Kampung Damar Muliyo, Kecamatan Atu Lintang, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (30/04/2023).

Kampung Damar Muliyo termasuk dalam daftar program Gampong Mawaddah Warahma (Gammawar) binaan TP- PKK Aceh dan tercatat memiliki angka stunting tinggi sebanyak 30 orang per Desember 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor desa/ kampung tersebut dengan membagikan sebanyak 2,9 ton ikan kepada masyarakat Aceh Tengah yang diterima oleh 320 kepala keluarga.

Terpantau ratusan  anak-anak dan juga masyarakat termasuk ibu balita stunting, ibu hamil, kader kesehatan setempat, yang semua punya andil dalam upaya peningkatan gizi masyarakat dan mengkampanyekan gemarikan sebagai salah satu faktor yang dapat menurunkan angka stunting.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si yang diwakili oleh Abdus Syakur, S.Pi.,M.Si mengatakan kegiatan Gemarikan hari ini dengan membagikan ikan sebanyak 2,9 ton kepada 320 kepala keluarga, sekaligus sebagai upaya pengendalian inflasi yang diakibatkan oleh fluktuasi harga ikan.

"Kegiatan Gemarikan memang bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan dan gizi masyarakat sehingga diharapkan akan dapat menurunkan stunting," ujar Abdus Syakur.

Selama ini, DKP Aceh sedang menggencarkan kegiatan Gemarikan. Selain menyasar keluarga yang memiliki masalah stunting, kegiatan ini juga dilakukan secara menyeluruh di setiap daerah kabupaten/kota di Provinsi Aceh," akui Alumni IPB Bogor ini.

Bahkan kemarin DKP Aceh baru saja melakukan hal serupa di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Pidie Jaya." Sebutnya 


Sementara itu, Camat Atu Lintang, Iwan Kenangan, S.IP.,M.Si yang hadir di lokasi memaparkan, Kegiatan ini merupakan program dari dinas Provinsi Aceh untuk mengkampanyekan gemar makan ikan bagi masyarakat. Hal tersebut dapat mendukung kesehatan dan kecerdasan masyarakat dengan terpenuhinya nutrisi yang cukup. 

"Mari kita selalu mengkonsumsi ikan terutama untuk anak-anak karena sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengandung protein berkualitas tinggi dan vitamin yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuh serta mencegah stunting," demikian ujarnya. (*)