15 Juni 2024
Daerah

Dialog Interaktif Guru PAI Bahas Peran dalam Kerukunan Beragama di Pidie Jaya

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID – Forum Komunikasi Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Kabupaten Pidie Jaya, bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pidie Jaya dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pidie Jaya, menggelar kegiatan Dialog Interaktif, Senin (11/6). 

Acara yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Pidie Jaya ini dihadiri oleh 40 peserta, terdiri dari Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah dan SMA se-Kabupaten Pidie Jaya, serta pengurus FKUB setempat. 

Dialog ini menghadirkan narasumber utama yaitu Kepala Kantor Kemenag Pidie Jaya, Kepala Kesbangpol Pemda Pidie Jaya, dan Ketua FKUB Kabupaten Pidie Jaya. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat peran Guru PAI dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kerukunan beragama, yang merupakan pilar utama dalam membangun kualitas berbangsa di kalangan pelajar.

Dalam sambutannya, Mulyadi, S,Ag, M.Pd Kepala Kantor Kemenag Pidie Jaya menekankan pentingnya peran Guru PAI sebagai ujung tombak dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama. Ia berharap para Guru PAI dapat memberikan pemahaman yang positif kepada siswa-siswinya mengenai pentingnya memelihara kerukunan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita berharap para Guru PAI di Madrasah dan Sekolah dapat menjadi agen perubahan yang menanamkan nilai-nilai kerukunan dan toleransi beragama kepada anak didiknya. Hal ini sangat penting untuk menciptakan suasana yang harmonis dan damai di tengah keberagaman bangsa kita," ujar Kepala Kantor Kemenag Pidie Jaya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam memperkuat kerukunan intern umat beragama di Kabupaten Pidie Jaya, melalui peran aktif para pendidik yang menjadi panutan di lingkungan sekolah masing-masing. (**)