29 Maret 2024
Daerah

Bupati Pidie Buka Sosialisasi Program PTSL, Dihadiri Staf Khusus Menteri ATR BPN

LIPUTANGAMPONGNEWS. ID - Bupati Pidie, Roni Ahmad, S.E., M.M., (Abusyik) membuka acara Sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022 di Gedung Pidie Convention Center (PCC) Pidie, Provinsi Aceh, Kamis (12/05/2022).

Dalam sambutannya, Abusyik mengatakan, bahwa kehadiran BPN di Kabupaten Pidie hingga saat ini menjadi hal yang positif dalam mendukung beberapa kegiatan Pemkab Pidie dalam melegalisasi aset berupa bidang tanah. 

Disamping, kata Abusyik, membangun basis data pertanahan yang sistematis, BPN juga berperan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam penerimaan bukan pajak.

Bupati Pidie juga memberikan apresiasi kepada BPN, khususnya Kantor Pertanahan Nasional Pidie yang terus memaksimalkan pelayanan dalam hal legalisasi aset berupa bidang tanah kepada masyarakat. 

"Keinginan kami seluruh tanah di Kabupaten Pidie dapat dilakukan pengukuran dan diterbitkan sertipikat yang nantinya kita memiliki peta lengkap kabupaten dengan data yang akurat," ujar Abusyik.

"Harapan kepada para keuchik yang berhadir untuk dapat memfasilitasi masyarakat dan memastikan program sertipikat tanah kepada masyarakat ini dapat terlaksana dengan maksimal, artinya apabila ada hambatan, sampaikan, dan akan kita carikan solusinya," sambung Abusyik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah BPN Aceh Dr. Mazwar, SH, M.Hum mengatakan, permasaahan yang paling besar saat ini adalah permasalahan pertanahan yang belum memiliki sertifikat. Oleh karenanya, ia menuturkan bahwa pihak BPN akan turun kelapangan untuk mendata tanah milik masyarakat yang nantinya akan dibuatkan sertifikat.

Ia juga berharap kepada seluruh keuchik dan seluruh masyarakat untuk membantu tim BPN dalam menuntaskan pendaftaran tanah secara sistematis lengkap.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Dr. H. Teuku Taufiqulhadi, M.Si menyampaikan, PTSL dapat memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat, diantara manfaatnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah, dimana PTSL dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan ekonomi yang berkaitan dengan kebijakan pemanfaatan dan penggunaan tanah sesuai dengan data kepemilikan tanah terdaftar.

Lebih lanjut ia menyampaikan dengan adanya PTSL dapat memudahkan dalam integrasi data pertanahan, karena data yang dihasilkan lebih lengkap dan berkualitas, sehingga dapat dijadikan sumber data bagi pengambil kebijakan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan 80 sertipikat, 15 sertipikat wakaf 21 hak pakai pemerintah daerah, dan 44 sertipikat hak milik melalui kegiatan PTSL 2022 untuk Gampong Murong Lhok, Kecamatan Sakti.

Penyerahan tanah masyarakat dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi Aceh dan didampingi oleh Bupati Pidie.

Turut hadir pada acara tersebut, Wabup Pidie, Fadhlullah TM Daud, S.T., Sekda Pidie, H. Idhami, S.Sos., M.Si., Ass I Setdakab Pidie Drs Samsul Azhar,   Kepala Badan Pertanahan Pidie, Zulkhaidir, S.E., M.M., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Mutiin, S.IP., M.Si., serta Para Camat dan Keuchik dalam Kabupaten Pidie. (As)