19 September 2024
Daerah

BPBD Bersama Polisi Turun Ke Lokasi Banjir Aceh Singkil

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDMelalui personil reaksi cepat (TRC) badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dan anggota jajaran Polres Aceh Singkil, turun ke lokasi terkena dampak banjir.

Kehadiran tim gabungan TRC BPBD dan Polri Aceh Singkil, untuk membantu melakukan evakuasi di tempat bencana banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil. 

Di ketahui banjir merendam jalan lintas Provinsi, Singkil - Subulussalam tepatnya di Desa Silatong, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil. Mengakibatkan jalan lintas terganggu.

Berdasarkan informasi di wilayah Kecamatan Simpang Kanan, terkena imbas banjir. Yaitu Desa Silatong, Desa Lae Riman, Desa Ujung Limus, Desa Tanjung Mas, Desa Cibubukan Dan Desa Serasah. Waktu Kejadian air naik mulai pagi tadi, Ahat (11/08/2024) hingga siang ini.

Melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, H. Al-husni SH mengatakan, "membenarkan banjir terjadi di Aceh Singkil, akibat luapan air hujan yang terus menerus melanda beberapa hari terakhir. Sehingga jalan lintas Singkil - Subulussalam terganggu, roda empat dan dua tidak bisa melintas dan beberapa Desa terkena dampak banjir, hingga merendam pemukiman penduduk.

"Sehingga, kita sudah menurunkan personil tim BPBD di bantu jajaran polres Aceh Singkil, untuk melakukan evakuasi. Wilayah Desa yang terkena dampak banjir." Jelasnya. 

Akibat banjir terendamnya fasilitas umum, jalan lintas provinsi  Singkil - Subulussalam,  jalan lintas antara Desa.

Lalu korban yang terdampak
Kecamatan Simpang Kanan Desa Silatong sebanyak 40 KK dengan jumlah 120 jiwa, Desa Lae Riman sebanyak 30 KK dengan jumlah 150 jiwa, Desa Ujung Limus sebanyak 67 KK dengan jumlah 357 jiwa, 
Desa Tanjung Mas sebanyak 65 KK dengan jumlah 350 jiwa, Desa Cibubukan sebanyak 115 KK dengan jumlah 460 jiwa, 
Desa Serasah masih Dalam Pendataan, 
Total terdampak sebanyak 317 KK dengan 1.437 jiwa. 

Kemudian selain, Kecamatan Simpang Kanan terdampak Banjir ada lagi Wilayah Kecamatan Gunung Meriah, jalan lintas Gunung Meriah - Kecamatan Singkohor dan Kecamatan Kota Baharu. Terkena dampak banjir sehingga roda dua dan empat tidak bisa lewat, ketinggian banjir di perkirakan Sepinggan orang dewasa. (Khairi).