18 Oktober 2024
Daerah

BNN Kota Banda Aceh Laksanakan Raker Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), menggelar Rapat Kerja Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan, di Kyriad Muraya Banda Aceh, Selasa (22/02/2022).

Kegiatan dibuka oleh Kepala BNN Kota Banda Aceh Hasnanda Putra, ST, MM.,MT. Dalam sambutannya, Hasnanda menekankan kepada seluruh peserta untuk dapat mewujudkan Kota Banda Aceh Bersinar diperlukan sinergi dari seluruh stakeholder terkait dari seluruh lapisan masyarakat terutama Sekolah-sekolah. 

“Sudah menjadi tugas kita bersama sebagaimana yang tertuang dalam Inpres No.2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba,” Kata Hasnanda.

Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan melibatkan 10 Sekolah Tingkat Menengah Pertama dan Sederajat dengan menghadirkan 20 peserta terdiri dari Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan di Kota Banda Aceh. 

"Semangat war on drugs dapat terus digelorakan hingga level pendidikan, mengingat pelajar adalah usia yang sangat rentan dalam penyalahgunaan narkoba," Ungkap Hasnanda. 
Sementara itu disela acara ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BNN Kota Banda Aceh dengan SMPN 10 dan SMPN 4 Banda Aceh.

Dalam program P4GN, yang ditandatangani oleh Kepala BNN Kota Banda Aceh Hasnanda Putra, ST, MM.,MT dan Kepala SMPN 10 Drs. Yulisa Nur Adam dan Kepala SMPN 4 Fitri Yenni, S.Pd. Ikut menyaksikan langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh yang diwakili Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh Evi Susanti, S.Pd., M.Si. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber pertama dari Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh Evi Susanti, S.Pd., M.Si. Dalam paparannya, Evi menyampaikan materi terkait langkah dan tindakan dari para pendidik dalam Mewujudkan Sekolah Bersinar di Kota Banda Aceh.

Dilanjutkan dengan Narasumber kedua dari anggota Majelis Pendidikan Daerah Kota Banda Aceh Dr. Ismail. S.Pd., M.Pd. Dalam paparannya, Ismail menyampaikan materi tentang Peran Aktif Lingkungan Pendidikan Dalam Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gerap Narkoba (P4GN).

“Peran dan partisipasi pendidik dalam P4GN di lingkungan sekolah dapat diwujudkan melalui pengembangan nilai-nilai agama, nilai-nilai pancasila, kebiasaan-kebiasaan baik, dan mengembangkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di sekolah,” Kata Ismail.

Pemateri terakhir H. Hasanuddin, M.Ed atau yang akrab disapa Tu Sudan (Akademisi/Dosen STISNU Aceh) menyampaikan tentang pentingnya pendidikan agama dalam menciptakan generasi muda yang bersih dari narkoba.

"Dengan agama, hidup menjadi terarah. Dengan ilmu hidup menjadi mudah, Dengan seni, hidup menjadi indah, itulah pengetahuan,” Ucap Tu Sudan.

Diakhir acara, Plt. Sub. Koordinator P2M Susi Erlita, SKM mendiskusikan Rencana Tindak Lanjut kegiatan. 

“Diharapkan dengan lahirnya rencana tindak lanjut hasil diskusi bersama ini, para peserta dapat mewujudkan lingkungan sekolah yang Bersinar (Bersih Narkoba),” Pungkas Susi. (**)

-->