23 Oktober 2024
Daerah

BMA Bantu Khitan Gratis Keluarga Miskin di Pidie, Begini Respon Mereka Saat Disunat

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sebanyak 40 anak dari keluarga miskin tersenyum ceria usai mengikuti kegiatan safari khitanan massal yang diselenggarakan oleh Baitul Mal Aceh (BMA) berkerjasama dengan mitra kerja yaitu Baitul Mal Gampong (BMG) Kayee Jatoe Mukim Teupin Raya Kecamatan Glp Tiga Kabupaten Pidie dan Tim Medis dari RSUD Tgk Chik Di Tiro Sigli, di tiga lokasi terpisah di Kabupaten Pidie, Rabu 3 Juli 2024.

 
Sejak jam 07.30 WIB anak-anak yang berasal dari berbagai gampong yang didampingi oleh orang tua mereka tampak sudah hadir ke lokasi. Mereka dilayani dengan ramah oleh para panitia khitanan massal. 

Rizki Munandar, ketua panitia kegiatan sekaligus sebagai Sekretaris BMG Kayee Jatoe menyebutkan bahwa peserta khitan tahun ini datang dari berbagai kecamatan dalam Kab Pidie dan Pidie Jaya, termasuk ada 10 peserta berasal dari Kec. Tangse dan Mane. 

"Awalnya kami panitia sempat ragu karena mereka terlalu jauh, tapi karena pesertanya memang dari keluarga miskin dan khitanpun tidak ditanggung oleh BPJS kesehatan serta tim medispun bersedia datang ke lokasi rumah mereka, makanya kami terima" Sebut Rizki

"Jadilah kegiatan khitan ini terlihat seperti safari khitan karena lokasi khitannya ada tiga tempat, di Gampong Kayee Jatoe, Gampong Paya Guci Tangse dan Gampong Leutueng Mane. Semoga ini bisa menginspirasi BMG lain dalam membantu sesama" Tutupnya. 

Tim medis yang terlibat dalam kegiatan ini diketuai oleh dokter Marhamah dan para perawat dari RSUD Sigli, mereka adalah para profesional yang sudah sangat berpengalaman dalam melakukan sirkumsisi. 

Beberapa anak awalnya terlihat sedikit tegang dan cemas. Namun berkat bujukan dari panitia dan tim medis terutama dokter Marhamah yang memang terkenal supel, ramah dan suka bercanda dengan pasien ini anak-anak bisa tenang kembali dan pasca khitan merekapun terlihat tersenyum ceria. Terlebih semua anak-anak juga mendapatkan bingkisan berupa kain sarung dan paket sembako terdiri dari 1 liter minyak goreng , 1 kilogram gula pasir, 1 kilogram kacang hijau dan 1 kaleng kental manis. 

M Ikram, 14 tahun,  peserta dari Gampong Leutueng Kec Mane dan Sarian Fattan, 14 tahun dari Gampong Blang Dhot Kec Tangse mengaku senang bisa mengikuti khitan masal ini walaupun diawal- awal sempat tegang dan timbul rasa takut. "Senang sudah disunat, ternyata tidak sesakit seperti yang sering ditakuti oleh kawan-kawan yang sudah disunat duluan'  ungkap Fattan sambil tersenyum lepas. 

Begitu juga dengan M Ikram juga merasa senang dan sangat berterimakasih setelah dikhitan. "Terimakasih BMA dan tim medis untuk khitan gratis dan juga terimakasih juga atas bingkisan hadiahnya" Ucap Adi dengan wajah gembira. 

Mukhlis Sya'ya, Anggota Badan BMA mengungkapkan, turut bahagia bisa bekerjasama dengan BMG Kayee Jatoe dan Tim Medis dalam mensukseskan safari khitanan masal ini. Ini termasuk rangkaian kegiatan BMA yang bersumber dari dana zakat yang pelaksanaannya berkerjasama dengan lembaga mitra untuk membantu mengkhitankan anak-anak dari keluarga miskin. 

"Semoga kegiatan BMA ini bisa memberikan manfaat dan berkah untuk anak-anak dan keluarga mereka" Ujar Mukhlis

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini semoga ini menjadi amal jariah dan terimakasih juga kepada para Muzakki yang sudah berzakat ke BMA, Alhamdulillah zakat anda sudah membantu meringankan beban hidup mereka" Tutup Mukhlis. (**) 

-->