16 Mei 2024
Sosial

Masyarakat dan Pemkab Pidie Jaya Sumbang Rp. 500 Juta Untuk Turki & Suriah

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya bersama pengurus Gerakan Masyarakat (Germas) Pidie Jaya Peduli menyerahkan donasi untuk korban gempa bumi Turki dan Suriah kepada Pemerintah Aceh, di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Jumat (17/3). 

Untuk diketahui, donasi tersebut merupakan sumbangsih masyarakat Pidie Jaya di 222 Gampong 8 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten setempat. Selain donasi dari masyrakat juga ada donasi dari Instansi Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya. Baik itu dari instansi vertikal maupun Istansi dilingkungan Pemkab Pidie Jaya itu sendiri. 

Bantuan kemanusiaan masyarakat Pidie Jaya untuk Turki dan Suriah itu diserahkan oleh Said Mulyadi, Wakil Bupati Pidie Jaya kepada Pemerintah Aceh yang diterima oleh Ketua FPRB Aceh, Hasan Bangka. Penyerahan donasi tersebut ikut disakksikan oleh Fazli Husin, Ketua Germas Pijay Peduli, Kalaksa BPBD Pidie Jaya, Muhammad Nur, S.T dan sejumlah Pengurus Germas Pidie Jaya Peduli lainnya. 

Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi saat ditemui liputangampongnews.id, di Kantor BPBA, Jumat (17/3) mengatakan, donasi yang kita serahkan hari ini merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan Germas Pijay Peduli dari masyarakat dan donasi dari instansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten setempat. 

Alhamdulillah, dana yang terkumpul setengah milyar lebih, sebut Waled panggilan akrab Said Mulyadi, Wakil Bupati Pidie Jaya, Jumat (17/3). 

"Donasi tersebut menindaklanjuti surat Gubernur Aceh No 360/2374 Tanggal 7 Januari 2023 perihal donasi Aceh untuk Turki dan Suriah pasca bencana gempa bumi 2023."

Wabup Pidie Jaya berterimakasih kepada teman-teman Germas Pidie Jaya Peduli yang sudah bekerja keras dalam mengumpulkan dana kemanusiaan ini, pungkasnya.

Semetara itu, Ketua Germas Pijay Peduli Fazli Husin mengatakan, ada dua sumber dana yang kita kumpulkan dari Pidie Jaya, pertama sumbangan dari masyarakat dan sumbangan dari instansi pemerintah yang dikumpulkan dari sejumlah dinas di lingkungan Pemerintah. 

Fazli menyebut sumbangan dari 
masyarakat Pidie Jaya sebesar Rp. 290.118.500,- (Dua Ratus Sembilan Puluh Juta Seratus Delapan Belas Ribu Lima Ratus Rupiah). Sementara sumbangan dari Pemkab Pidie Jaya yang dikumpulkan dari sejumlah ASN sebanyak Rp. 241.450.500,- (Dua Ratus Empat Puluh Satu Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Lima Ratus Rupiah). 

Total sumbangan dari Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya sebesar Rp. 531.569.000,- (Lima Ratus Tiga Puluh Satu Juta Lima Enam Puluh Sembilan Ribu Rupiah), sebut Ketua Germas Pijay Peduli. 

Dikatakan, mengingat Pemerintah dan masyarakat Turki telah ikut berperan aktif dalam membantu rehabilitasi dan rekontruksi pasca gempa dan  tsunami Aceh. 

Oleh karena itu, Germas Pijay Peduli melaksanakan penggalangan dana untuk meringankan beban saudara tua kita yang diberada di Turki- Suriah, ujarnya. 

Fazli menambahkan, sumbangan ini dikumpulkan lebih kurang selama satu bulan dengan melibakan semua pihak, Ketua Forum Keuchik, Keuchik Gampong, Pendamping Desa, Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry dan Mahasiswa KPM Umuslim. 

Sementara, Ketua FPRB Aceh Hasan Bangka mengatakan, sampai saat ini pihaknya sudah mengumpulkan 7.5 Milyar Donasi masyarakat dari tujuh Kabupaten/Kota di Aceh. 

InsyaaAllah donasi dari masyarakat Aceh yang terkumpul akan digunakan untuk pembangunan sebuah mesjid di Turki, sebut Hasan Bangka.

Hasan Bangka mengapresiasi gerakan sosial masyarakat dan Pemkab Pidie Jaya yang telah melakukan aksi penggalangan dana kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah. (**)