19 September 2024
Daerah

Baitul Mal Aceh dan Rumah Zakat Gelar Khitan Gratis di Lampanah Leungah Aceh Besar, 30 Anak Disunat

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDMemanfaat momentum liburan semester sekolah, Baitul Mal Aceh (BMA) bersama Rumah Zakat (RZ) menyelenggarakan  khitanan massal dengan tema Program Khitanan Ceria kepada 30 anak-anak dari keluarga miskin bertempat di Meunasah Gampong Ujung Keupula Mukim Lampanah Leungah Kec Seulimum Kabupaten Aceh Besar, Kamis (30/5/2024) 

Dari pantauan media ini sejak pagi anak-anak peserta sunat yang didampingi oleh orang tua mereka sudah mendatangi tempat khitan untuk di data kembali oleh panitia. 

Anak-anak juga terlihat ceria dan senang karena setelah dikhitan gratis, BMA dan RZ juga menyediakan bingkisan berupa uang saku dan kain sarung dan setiap anak-anak juga disediakan komsumsi berupa cemilan dan makan siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Branch Manager RZ Aceh Riadhi, Tim Medis dan Tim Relawan RZ Cabang Aceh, serta perangkat mukim dan gampong antara lain Imuem Mukim Lampanah Leungah Teuku Nasai, Keuchik Gampong  Ujung Keupula, Nizali Saputra, Tuha Peut Gampong Ujong Keupula Fauzan dan Syahabudin mewakili unsur Pemuda.

Teuku Nasai dalam  kata sambutannya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada BMA dan RZ atas bantuan dan kontribusinya di mukim ini.  

"Semoga BMA dan RZ tetap melanjutkan memberikan manfaat kepada warga Aceh Besar khususnya kepada masyarakat miskin di mukim ini" Harap Imuem Mukim Lampanah Leungah ini. 

Riadhi, Pimpinan RZ Cabang Aceh  menyebutkan bahwa ini adalah program kerja ketiga kali RZ berkerjasama dengan BMA membantu mengkhitan anak-anak yatim dan dhuafa di wilayah Aceh.
 
"Program kerjasama telah memberikan dampak baik langsung bagi anak-anak dan keluarga mereka, biaya sunat sebesar Rp 500.000  bagi sebagian orang bukan hal yang biasa, tapi buat masyarakat miskin itu jumlah yg sangat besar" Jelas Riadhi. 

"Terimakasih kepada BMA dan semua pihak yang sudah membantu  kegiatan ini semoga ini menjadi amal jariah buat kita semuanya" Tambah pria kelahiran Indramayu Jawa Barat ini. 

Sementara Ridwan, orang tua dari salah satu anak yang disunat sangat senang  dan berterimakasih dengan hadirnya kegiatan ini di gampong mereka. 

"Terimakasih banyak kepada BMA dan RZ atas program khitanan massal untuk anak-anak kami, Alhandulillah ini.sangat membantu meringankan beban ekonomi keluarga kami. Semoga Allah membalas semua kebaikan itu" ucap Ridwan 

Sementara itu, Mukhlis Sya'ya, Anggota Badan BMA mengatakan kegiatan ini bersumber dari dana zakat senif fisabilillah, kegiatan ini untuk membantu keluarga miskin yang memiliki anak laki-laki yang sudah cukup umur untuk dikhitan namun terkendala dengan biaya sunat. 

"Khitan ini suatu kewajiban bagi anak-laki namun JKA/BPJS tidak menaggungnbiaya untuk itu, dalam beberapa kegiatan sunat yang dilakukan BMA kami menemukan ada anak-anak yang sudah baligh tapi belum di sunat karena orang tuanya  tidak punya uang" Jelas Mukhlis. 

"Untuk itulah program ini hadir dengan menggandeng beberapa lembaga mitra yang sudah berpengalaman untuk bersama-sama membantu menjalankan sunnah Nabi Ibrahim bagi anak-anak dengan kondisi seperti itu sekaligus meringankan beban hidup keluarga mereka." Pungkas Anggota Badan BMA yang bidang penyaluran dan pemberdayaan ini, seraya meminta kepada para mustahik untuk mendoakan kebaikan kepada para amil dan muzzaki yang sudah berzakat ke BMA. (**)