21 September 2024
Daerah

Alat Berat Milik Pemda Aceh Singkil Terbengkalai, Masyarakat Minta Evaluasi Dinas Terkait

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sejumlah alat berat milik Pemerintah Aceh Singkil ditemukan terbengkalai di lokasi Jalan Singkil - Subulussalam, tepatnya di belakang Kantor Bawaslu Kabupaten Aceh Singkil. 

Menurut Sahman Manik, seorang tokoh masyarakat Aceh Singkil, alat berat tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, sayangnya alat berat itu dibiarkan tanpa perawatan dan perbaikan oleh Dinas yang seharusnya bertanggung jawab.

"Alat berat tersebut sangat dibutuhkan masyarakat Aceh Singkil. Selain untuk penanganan bencana, alat tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh kontraktor atau masyarakat untuk bekerja, menjadi sumber pemasukan pendapatan daerah (PAD) Aceh Singkil," ujar Sahman, Kamis (9/5/2024).

Sahman menegaskan perlunya evaluasi terhadap Dinas yang bertanggung jawab. "Alat berat tersebut milik pemerintah daerah dibiarkan terbengkalai tanpa ada perawatan dan perbaikan. Hal ini menunjukkan ketidakmampuan pejabat yang bertanggung jawab. Hal ini juga mempermalukan tata pemerintahan yang efektif dan efisien di jabatan PJ Bupati saat ini," tambahnya.

Di lokasi tersebut, terlihat alat berat seperti excavator/beco, loader, dan jenis alat lainnya sudah tertutup semak belukar, yang menjadi bukti nyata bahwa alat-alat tersebut terbengkalai.

Sahman juga menyarankan agar jika Dinas tidak mampu melakukan perawatan atau perbaikan, sebaiknya berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah PJ Bupati Aceh Singkil atau PJ Gubernur Aceh melalui Dinas terkait untuk melakukan lelang, sehingga dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat Aceh Singkil. (Khairi)