17 September 2024
Daerah

25 Anggota DPRK Aceh Singkil Terpilih, Periode 2024 - 2029 Resmi Dilantik

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDPelantikan 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil terpilih periode 2024 - 2029, di langsungkan di gedung DPRK Aceh Singkil. Senin, (19/8/2024).

Pelaksanaan pelantikan anggota DPRK, melalui sidang paripurna dewan. Dipimpin Ketua DPRK Hasanudin Aritonang, didampingi Wakil Ketua H. Amaliun. Dan untuk  pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Singkil Yopi Wijaya, SH.MH

Sebelum pelantikan dan pengambilan sumpah Yopi Wijaya menyampaikan, “Pelantikan ini merupakan momen sakral, dimohon tidak ada yang berbicara dan matikan suara handphone. Sebelum memulai pengambilan sumpah." Ujarnya.

Sekretaris Dewan H. Suwan, membacakan  Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 100.1.4.2/1029/2024. tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRK. 

Setelah pengambilan sumpah, palu jabatan diserahkan dari pimpinan DPRK yang lama kepada pimpinan sementara yang baru, yakni H. Amaliun dari Partai Nasdem dan Darto dari Partai Hanura. 

Mereka berdua langsung melanjutkan memimpin sidang paripurna, sementara anggota DPRK yang lama meninggalkan kursi mereka.

Dari 25 anggota dewan yang dilantik, sepuluh di antaranya merupakan wajah lama, sementara 15 lainnya adalah anggota baru. 

25 anggota DPRK yang baru saja  dilantik ini wakili 11 partai politik yang berbeda, hasil dari penetapan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil.

Berikut daftar anggota DPRK Aceh Singkil yang dilantik berdasarkan daerah pemilihan (dapil):

Dapil I (Kec. Singkil, Singkil Utara, Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat, Kuala Baru):
1. Gerindra - Riski Ardiyansyah
2. PDIP - Taufik
3. PKS - Merisya Syafra Tiana
4. Nasdem - Desra Novianto
5. PPP - Ramli Boga
6. Demokrat - Fairuz Akhyar
7. PAN - Harian
8. PKB - Donny Maradona

Dapil II (Kec. Kuta Baharu, Singkohor, Suro)
1. Hanura - Darto
2. Golkar - Sarbaini
3. Gerindra - Wartono
4. Nasdem - H. Amaliun

Dapil III (Kec. Simpang Kanan, Danau Paris)
1. PKB - H. Mairaya
2. Hanura - Decroly Tumangger
3. Nasdem - Sahman
4. Gerindra - Juliadi
5. Golkar - Hasanuddin Aritonang

Dapil IV (Kec. Gunung Meriah)
1. Nasdem - Warman
2. Hanura - Sri Lestari
3. PPP - Ramadan
4. Demokrat - Sariman
5. PKS - Mursal ZA Malau
6. Golkar - Surianto
7. PNA - Afrizal
8. PKB - Sadri Lingga

Pelantikan ini menandai dimulainya masa kerja anggota dewan yang baru dalam menjalankan amanah rakyat Aceh Singkil untuk lima tahun ke depan. (Khairi).