19 April 2024
News

Wujudkan Ketangguhan Dalam Menghadapi Bencana, BPBD Pijay Gelar Pelatihan Kebencanaan

Liputangampongnews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, mengelar kegiatan pelatihan Penanggulangan Bencanca di Aula Kantor Camat Trienggadeng, Rabu (07/9/2021)

Pelatihan kebencanaan bertajuk Sistem Informasi Manajemen Bencana "Wujudkan Ketangguhan Dalam Menghadapi Bencana" diikuti oleh segenap unsur dari berbagai elemen masyarakat dalam wilayah Kabupaten Pidie Jaya khususnya Kecamatan Trienggadeng.

Pelatihan Penanggulangan Kebencanaan tahun 2021 ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pidie Jaya, Ir. Jailani Beuramat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya, Okta Handipa, S.T, M.Arch, mengatakan, pelatihan ini untuk memperkuat Sistem Informasi Manajemen Bencana di masyarakat dalam menghadapi bencana.

"Sehingga ketangguhan mental masyarakat dalam menghadapi bencana dapat terwujud," ujar Okta Handipa, S.T, M, Arch.

Apalagi di Kabupaten Pidie Jaya ini termasuk kategori daerah rawan bencana alam, dampak dan resiko bencana tidak bisa kita dihidari.

Selain itu, tujuan dari kegiatan ini untuk menambah wawasan tentang kebencanan dan membangun kesadaran masyarakat terhadap resiko bencana.

Inti dari pelatihan ini, kata Okta Handipa, untuk mempersiapkan generasi yang tangguh bencana di Kabupaten Pidie Jaya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Penanggulangan Bencana BPBD Pidie Jaya, Mahyaruddin, S.T, melaporkan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap resiko bencana.

Sumber dana dari kegiatan pelatihan ini, menggunakan DOKA tahun 2021, kata Mahyaruddin, S.T, yang juga Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran pada BPBD Pidie Jaya.

Salam tangguh, tanggap, tangkas, salam kemanusiaan. Demikian Mahyaruddin, S.T.(**)