19 April 2024
Kisah

Tips Ngumpulin Mahar Ala Rizki Ananda Si Pejuang Mahar

Foto : Riski Ananda, Si Pejuang Mahar | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Lelaki yang baik pasti akan menyiapkan maharnya dengan sebaik-baiknya, itulah ungkapan yang dilontarkan Rizki Ananda Si Pejuang Mahar di Pidie Jaya....

Kali ini Rizki Ananda ingin berbagi tips mengumpulkan mahar bagi jomblo mania. Menurut Rizki mengumpulkan mahar bukanlah hal yang mudah, butuh usaha dan kerja keras serta kerja ikhlas.....

Aku ada tips khusus nih buat kalian yang ingin mengumpulkan mahar untuk menjadi pelengkap di akad pernikahan kalian nanti......

Ada yang lagi nyiapin pernikahan tahun ini, atau lagi bingung ngumpulin maharnya,....Rizki Ananda akan berbagi tips dengan teman-teman semuanya....

Simak Tips Berikut ini Ala Riski Ananda :

1. Memiliki Komitmen Yang Kuat

Dalam menjalin hubungan yang serius komitmen sangat dibutuhkan, begitu pula dengan menabung. Sebelum mulai menabung, pastikan kamu bersama pasangan memiliki komitmen yang kuat dan menyiapkan hati serta pikiran. Karena proses menabung ini bukanlah hal yang mudah untuk dijalani.

Ada beberapa hal yang harus rela kalian korbankan. Mulai dari menghilangkan kebiasaan makan di restoran, hingga  aktivitas travelling mungkin harus kalian coret dari jadwal kalian untuk sementara waktu.

Jika kalian memegang teguh komitmen kalian, niscaya rintangan akan dengan mudah dilewati dan proses menabung menjadi lebih menyenangkan.

2. Buat Rincian Anggaran Menikah

Mulailah menyusun kebutuhan berserta rincian pengeluaran yang kalian perlukan untuk pernikahan idaman. Usahakan untuk membuat rincian kebutuhan pernikahan dengan sangat detail.

Nah, dari total anggaran tersebut, kalian dapat mengetahui berapa target tabungan yang kalian butuhkan.

3. Siapkan Rekening Khusus Dana Nikah

Jika target tabungan yang kalian butuhkan sudah diketahui, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka tabungan khusus untuk dana pernikahan.

Pilihlah rekening yang sesuai dengan kebutuhan pernikahan kalian. Jangan samakan rekening gaji dengan dana pernikahan karena akan tercampur dan membuat kalian memakai uang tersebut tanpa sadar.

Selain mencegah pemakaian uang tanpa sadar, adanya rekening khusus akan selalu mengingatkan kalian pada komitmen dan tujuan awal kalian menabung.

4. Alokasikan Sebagian Pendapatan

Setelah kalian memiliki rekening khusus untuk pernikahan impian, kalian harus mulai menyisihkan sebagian dari gaji kalian untuk dimasukkan ke dalam tabungan pernikahan. Kalian tidak perlu menyisihkan setengah dari gaji kalian, cukup 20% hingga 30% saja.

Perlu diingat, bahwa menyisihkan berbeda dengan menyisakan, sesegera mungkin sisihkan sebagian uang sebelum kalian menggunakan gaji yang kalian terima.

Jika kalian rajin mengalokasikan dana setiap bulannya, kalian akan mengumpulkan nominal uang yang cukup besar dalam kurun waktu 3 tahun.

5. Perhitungkan Budget Transportasi

Kalian juga dapat memperketat buget untuk transportasi. Kalian dapat mencari kos yang dekat dengan kantor, jika harus menaiki ojek online, hindari pulang pada masa high demand karena tarifnya akan melambung tinggi.

Kalau ingin cara yang lebih romantis, berangkatlah bersama pasangan menggunakan motor. Meskipun nilai dari buget transportasi terbilang kecil, namun jika diakumulasikan jumlahnya cukup banyak, lho!

6. Terapkan Gaya Pacaran Hemat

Tak hanya biaya makan dan transportasi saat kerja saja yang harus diperhatikan. Biaya berkencan dengan pasangan saat weekend pun harus diperhatikan, jangan sampai kalian sudah berhemat di tengah minggu dan kembali menghabiskannya di akhir minggu.

Sebaiknya, kalian mulai membiasakan diri untuk menerapkan gaya pacaran yang hemat. Alih-alih menonton film di bioskop setiap minggu, kalian dapat menonton sambil bersantai di rumah.

7. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Meski sudah berhemat dalam berbagai sektor, kalian harus mencatat cashflow yang terjadi setiap bulannya. Catat dengan baik setiap pengeluaran dan pendapatan sekecil dan sebesar apapun nominalnya.

Dengan begitu, kalian dapat memantau apakah terdapat kebocoran dan pengeluaran konsumtif yang dapat ditekan.

8. Menabung dengan Investasi

Selain menabung dalam bentuk simpanan, ada baiknya jika kalian mulai berinvestasi. Kalian dapat membuat tabungan dalam bentuk deposito untuk jangka panjang, selain bunga yang diberikan lebih besar dari tabungan biasa, deposito memiliki jatuh tempo pengambilan. Sehingga kalian tidak bisa sesuka hati memakai uang tersebut.

Selain deposito, kalian juga bisa mencoba cara yang konvensional, kalian bisa berinvestasi melalui emas, karena harga logam mulia ini cenderung stabil di pasaran.

Selain sebagai investasi, kelak emas tersebut bisa dijadikan sebagai mahar pernikahan.

9. Mencicil Berdasarkan Pos Kebutuhan

Agar kalian mengetahui progres dari aktivitas menabung kalian, kalian dapat mencicil berdasarkan pos-pos pengeluaran untuk menikah. Di mana setiap pos memiliki keterangan dan bugetnya tersendiri, agar kalian dapat dengan mudah memantau kebutuhan mana yang belum tercukupi.

Selain mudah dipantau kalian juga bisa memprioritaskan pos mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Itu dia 9 tips jitu nabung untuk menikah yang dapat kamu terapkan. Jika kamu memiliki niat yang kuat, mendapatkan pernikahan idaman bukanlah impian belaka. Jangan lupa berdoa, agar proses menabung menjadi lancar, ya! (**)