19 September 2024
Pemilu 2024

Timsel Zona 1 Aceh Minta Masyarakat Berikan Masukan dan Tanggapan Terhadap Calon Panwaslih Kabupaten/Kota

Foto : Istimewa | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tim seleksi anggota Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten/Kota Zona 1 Aceh mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon anggota Panwaslih tersebut yang saat ini telah mengikuti tes tertulis (CAT) dan Psikologi.

Dilaksanakan selama dua hari oleh Polda Aceh pada sembilan lokasi berbeda, tes Psikologi berlangsung di Laboratorium Komputer sejumlah sekolah menengah atas yang ada di Kota Banda Aceh dan telah usai, Rabu (5/7/2023).

Ketua Timsel Zona 1 Aceh, Dr. Yusrizal, S.H., M.H kepada Liputan Gampong News mengatakan setelah tes Psikologi ini, maka selanjutnya Timsel menunggu hasil tes tulis dan tes Psikologi yang akan dikirimkan langsung dari Bawaslu RI.

"Setelah itu Timsel akan melakukan pleno untuk menentukan peserta yang lolos untuk tahapan tes wawancara dan tes kesehatan. Pengumuman hasil tes tertulis dan psikologi dilakukan pada tanggal 10-11 Juli 2023," sebutnya.

Setiap Kabupaten/Kota di Aceh akan dipilih calon Panwaslih peringkat terbaik yaitu 4 (empat) kali kebutuhan untuk tes Kesehatan yang akan dilaksanakan tanggal 12-14 Juli 2023 dan tes Wawancara pada tanggal 17-21 Juli 2023.

"Berarti 12 peringkat terbaik yang dipilih setiap Kabupaten/Kota, kecuali 3 (tiga) kabupaten yang ada 5 (lima) komisioner, yaitu Kabupaten Pidie, Aceh Utara dan Aceh Timur. Untuk itu dipilih 20 peringkat terbaik." Pungkas Doktor Yusrizal.

Lanjutnya, agar Panwaslih Kabupaten/Kota di Aceh, khususnya Zona 1 Aceh meliputi, Kota Banda Aceh, Sabang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh Jaya, Pidie, dan Pidie Jaya terpilih yang berkompeten, berintegritas dan profesional, Timsel telah melakukan seluruh tahapan seleksi secara transparan.

"Kami (Timsel) telah melaksanakan tugas secara terbuka dan juga memberi ruang seluas-luasnya bagi partisipasi publik dengan mengharapkan masyarakat dapat memberikan tanggapan terhadap calon anggota Panwaslih Kabupaten/Kota pada zona 1 Aceh yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti tes kesehatan dan tes wawancara terkait keterpenuhan syarat, integritas, dan kecakapan." Pintanya

Adapun tenggang waktu tanggapan masyarakat tersebut mulai tanggal 24 Juni 2023 sampai dengan 14 Juli 2023. Hingga saat ini, timsel sudah menerima beberapa tanggapan masyarakat." Sampaikan Yusrizal

Diharapkan masyarakat dapat memberikan tanggapan terhadap calon anggota Panwaslih kab/kota melalui email timsel; tanggapanmasy.timselz1@gmail.com atau datang langsung ke sekretariat tim  seleksi di Hotel Permata Hati Banda Aceh dengan membawa fotocopy KTP atau dokumen identitas lainnya dan bukti terkait.

Dalam menerima tanggapan masyarakat tersebut, timsel wajib merahasiakan identitas masyarakat yang telah memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon serta melakukan pemeriksaan atas tanggapan dan masukan masyarakat dengan melakukan klarifikasi kepada calon yang bersangkutan mengenai tanggapan dan masukan masyarakat pada saat Tes Wawancara.

"Tanggapan dan masukan masyarakat akan jadi pertimbangan kami untuk menentukan peserta yang lulus ke tahap fit and proper test. Dengan demikian Timsel mendapatkan informasi-informasi yang lebih lengkap tentang calon anggota Panwaslih Kabupaten/Kota Zona 1 Aceh yang akan kembali dikerucutkan menjadi dua kali kebutuhan, 6 besar dan/atau 10 besar." Katanya.

Format tanggapan masyarakat dapat diakses di link berikut: KLIK DISINI (*)