09 Agustus 2022
Budaya

Tempayan Kuno Cina Primitif Dinasty Sung Ditemukan di Pidie Jaya

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Warga Gampong Cot Lheu Rhieng, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, kembali di hebohkan dengan penemuan satu unit guci kuno (tempayan) yang katanya terbuat dari batu dengan ukuran guci sedang.

"Guci tersebut ditemukan saat alat berat jenis beco menggali sebuah tambak milik Hamdani (46) tiba-tiba terlihat benda asing sama salah seorang warga yang menyaksikan pekerjaan alat berat itu," sebut Hamdani pemilik tambak pada Sabtu (02/04/2022) saat di sambangi wartawan di tambaknya.

Menurut dia, di lokasi tambak nya ini sering di temukan benda- benda kuno saat di lakukan pengalian seperti bangkok atau piring dari batu, gelas dari batu serta guci dan kali ini di temukan lagi guci yang di buat dari batu.


Bahkan dengan mendapatnya benda kuno seperti guci yang terbuat dari batu ini tak lagi heran sama dia, di sebabkan sudah keseringan dia jumpakan benda-benda itu di seputar lokasi tambak nya.

"Ini yang kesekian kali nya kami temukan seperti guci kuno ini yang terbuat dari batu, bahkan sebelum nya pecah karena kenak benturan alat berat, kalau guci ini tadi nya terangkat bersamaan tumpukan tanah dari beco, maka tak pecah," jelas Hamdani.

Selain itu, bahwa baru kali ini heboh dengan penemuan guci kuno yang di buat dari batu, sebelum-sebelum tidak begitu heboh bahkan banyak warga yang datang untuk ingin melihat guci kuno tersebut.

Guci kuno ini di simpan di pondok tambak nya dengan kondisi sudah di bersihkan, namun guci kuno yang terbuat dari batu ini tak adanya tulisan apapun, sehingga susah di tebak peninggalan kapan guci ini.

Salah seorang warga Pidie Jaya kepada media ini menyebutkan bahwa tempayan kuno itu mirip guci cina primitif zamannya dinasty sung (**)