08 September 2024
Sumut

Setelah Ditegur Tim Kesehatan Wakil Walikota Medan, Kepling Bergerak Cepat

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID MEDAN - Siapa sangka warga dibuat terkecoh oleh pemberian dimedia yang asal tayang tanpa konfirmasi ke warganya, karena  ulah Kepala Lingkungan (kepling) ,maupun Lurah nya. Bagaimana tidak. Bantuan dari donatur yang seharusnya diserahkan kepada warganya yang membutuhkan ini malah terlihat seperti ada kepentingan yang tak tau arahnya. Selasa, (11/10/2022)

Saat ditemui awak media Lisa (27) warga yang viral dengan sakit cacar monyet di jalan Teratai, Gg.ikhlas lingkungan 5 keluarga sarirejo, Kecamatan Medan Polonia ini mengaku bahwa dirinya memang mengalami sakit Miom, dan anak-anak nya terjangkit penyakit cacar monyet sudah Berbulan bulan lamanya. Bahkan anak-anak nya tidak bersekolah selama mengalami sakit tersebut. 

" Iya saya ada sakit Miom, dan anak-anak saya mengalami cacar monyet. Setelah suami saya meninggal dunia berselang 2 minggu kepergian suami saya kepling ada juga kesini sempat membawa saya dan keluarga ke puskesmas menggunakan becak. Dan ada juga BKM masjid al- hasanah datang memberikan sembako dan juga uang. Itu di bulan 9 kalau gak salah tanggal 21 bu kepling datangnya kerumah kami.

Kemaren itu ada juga datang ibu kepling, ibu lurah, pak camat, Polisi dan TNI ada juga dari puskesmas pun datang. Itupun setelah ada di masukan sama wartawan di berita hari jum'at 7 oktober 2022 kemarin itu. Jadi mereka datang kesini saya binggung.

Saya juga di marahi dokter dari puskesmas itu. " bu Lisa,, ini bukan sakit cacar monyet, kalau cacar monyet itu ibu ada riwayat pergi keluar negeri. Dan  kalau cacar monyet itu ada Monyetnya. Dan dua minggu yang lalu kan saya ada nyuruh ibu datang ke puskesmas kan kenapa ibu tidak datang? " ucap lisa menirukan ucapan dokter.

Saya diam aja ,padahal kepling yang janji mau bawakan kami kesana tapikan  kasihan nanti kalau saya bilang bahwa bu kepling masih sibuk nanti takutnya bu kepling yang dimarahin sama dokternya" ungkap lisa (8/10).


Sambung lisa, " Bantuan yang di sampaikan di berita sebelumnya memang belum ada dikasih kepling kesini loh. Yang di bilang sabun, wipol, pakaian bayi, bantal, tilam itu belum ada sampai kesini dan sayapun tidak tau kalau ada bantuan itu mau dikasih ke saya, Pungkanya (11/10).


Saat di konfirmasi kepling 5, 
"Bantuanya di saluran sekalian jum'at dari polsek medan baru rencana mau gotong royong membersihkan rumahnya, Siang ini saya mau bawa lisa ke rumah sakit,
Untuk pemeriksaan perutnya".


Terpisah, salah satu tim sosial kesehatan wakil waliko medan " Kita sudah teur kepling maupun lurah nya untuk SEGERA mengurus DATA, AKTA KELAHIRAN ANAK-ANAK NYA, KARTU KELUARGA, DAN BPJS nya. Dan sudah langsung di kerjakan oleh mereka, dan saat ini lisa sudah berada di rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan mereka". (Tim Medan)