21 September 2024
Daerah

Sekda Aceh Singkil Resmikan Empat Gedung Kios Pasar

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDPelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Singkil, Edi Widodo, meresmikan empat unit kios baru di Pasar Pagi, Kecamatan Singkil, Kamis (19/9/2024). Dalam acara itu, Edi menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pasar untuk menciptakan suasana jual beli yang sehat dan nyaman.

“Kebersihan pasar sangat penting. Kita perlu menyediakan tempat pemilahan sampah yang memadai, baik di pasar pagi maupun pasar mingguan,” ujar Edi usai peresmian kios yang berlokasi di Desa Pasar, Kecamatan Singkil.

Ia juga mengajak pengelola pasar, pedagang, dan pembeli untuk berkolaborasi dalam menjaga kebersihan dan menciptakan pelayanan yang ramah. Menurutnya, hal ini akan membuat pasar lebih nyaman dan bersih, sehingga tidak kalah dengan toko ritel modern.

Fasilitas Baru untuk Pedagang dan Pembeli Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Aceh Singkil, Malim Dewa, kepada wartawan menjelaskan bahwa pembangunan empat unit kios tersebut dibiayai dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2024, dengan total anggaran sebesar Rp 455.865.000. Diharapkan, fasilitas ini dapat meningkatkan semangat para pedagang dan menarik minat lebih banyak pembeli.

“Kios ini akan difokuskan untuk penjualan baju dan barang-barang kelontong, sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih lengkap,” ungkap Malim Dewa.

Komitmen untuk Kebersihan Pasar Malim Dewa juga menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen membangun fasilitas sanitasi yang lebih baik di setiap pasar, seperti pembangunan minimal dua unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di setiap pasar. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman bagi masyarakat.

Terkait pengelolaan kios baru, Disperindagkop akan bertanggung jawab penuh, dan bagi yang berminat menyewa diharapkan segera melengkapi persyaratan di dinas terkait. Malim berharap, Pasar Harian Singkil dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saat ini, kita memiliki 18 pasar harian pagi yang tersebar di Kecamatan Singkil, Singkil Utara, dan Gunung Meriah,” tutupnya. (Khairi)

Foto: Plh Sekda Aceh Singkil, Edi Widodo, meresmikan empat unit kios di Pasar Pagi Kecamatan Singkil, Kamis (19/9/2024).