17 September 2024
Daerah

Sapi Super Qurban Presiden Jokowi Dibagikan ke Ratusan KK di Pidie Jaya

Foto : Galeri pelaksanaan Pemotongan Hewan qurban Presiden Jokowi pada Idul Adha 1445 H di Masjid At-Taqarrub Trienggadeng, Pidie Jaya | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sapi kurban Presiden Joko Widodo dipotong di Masjid Islamic Center At Taqarrub, Trienggadeng Kabupaten Pidi Jaya, Aceh pada Senin (17/6/2024).

Sebelum dilakukan pemotongan, Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran atas nama Gubernur Aceh, menyerahkan sapi qurban Idul Adha 1445 Hijriah dari Presiden RI Joko Widodo, ke masyarakat Pidie Jaya, yang diterima langsung oleh Pj Bupati Pidie Jaya Ir H Jailani Bramat usai pelaksanaan Shalat Idul Adha, di Masjid teraebut.

Pantauan liputangampongnews.id, Sapi seberat 980 kilogram itu, proses penyembelihan dan pemotongan dilakukan oleh sekitar 12 orang. Berlangsung selama empat jam, proses  berjalan lancar, dan langsung dibagikan ke masyarakat yang sudah ada kupon.

Sejak kedatangan hewan kurban dari Presiden Jokowi masyarakat sangat antusias untuk melihat sapi dengan ukuran super tersebut sebab selama ini warga setempat hanya menyaksikan sapi dengan ukuran biasa untuk dikurbankan.

Ketua panitia, Jailani, SE., MM mengatakan daging kurban tersebut 200 paket dibagikan ke warga di tiga desa/ gampong seputaran lingkungan Masjid At-Taqarrub. Selanjutnya, puluhan paket untuk Imum Mukim, Keuchik dan Imum meunasah gampong se-Kecamatan Trienggadeng.

Selain itu, untuk Muspika (Camat, Polsek dan Koramil) sekitar 70 paket. Selebihnya dibagikan untuk panitia dan pengurus Masjid At-Taqarrub." Rinci Jailani yang juga Camat Trienggadeng.

"Tercatat total penerima daging kurban sebanyak 430 kepala keluarga (KK). Dengan berat isi paket kurang lebih 1,3 kilogram daging kurban," jelasnya.

Tahun ini, selain mendapatkan sapi super dari Presiden Jokowi, masyarakat Kecamatan Trienggadeng juga mendapatkan bantuan sapi kurban dari Pemkab Pidie Jaya sejumlah 17 ekor dan semuanya sudah dibagikan kepada secara menyeluruh ke gampong-gampong." Tandas Jailani.

"Alhamdulillah, masyarakat fakir dan miskin di Trienggadeng sudah bisa merasakan daging kurban tahun ini. Dimana sejumlah gampong juga banyak warga yang berkurban untuk dibagikan. Semoga tahun-tahun mendatang bisa lebih banyak lagi yang berkurban," pungkasnya. (*)