19 April 2024
Daerah

Puting Beliung Robohkan Pohon Besar, Satu Rumah Kediaman Janda Rusak

Liputangampongnews.id - Akibat angin puting beliung, satu unit rumah warga di Gamponh Ulee Tutue Raya
Kecamatan Delima Kabupaten Pidie, rusak parah tertimpa pohon tumbang, namun tidak sampai ada korban.

Menurut informasi dari Tgk. Junaidi (59) warga Gampong Ulee Tutur Raya, musibah terjadi pada Selasa, 22 Juni 2021 sekitar pukul 14.00 Wib,  angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Pidie mengakibatkan robohnya pohon ke rumah miliknya.

Namun rumah tersebut dihuni oleh Maulina dan anaknya Amara. Saat kejadian, Maulina yang berstatus janda sedang berada di luar, hanya anaknya yang berada di rumah," terang Tgk Junaidi

Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPDD Pidie, H. Junidar, S.Sos, MM, Selasa (22/06/2021) melalui rilis berita menginformasikan, selain menimpa rumah, pohon Asam Jawa tersebut juga tumbang ke atas badan jalan kabupaten sehingga jalur lintas tersebut harus dialihkan. 

Setelah kejadian, petugas BPBD Pidie dan warga setempat melakukan pendataan dan membersihkan  pohon yang tumbang menggunakan Chainsaw dan Ekscavator," akuinya

Ia mengatakan, pihaknya telah mendata dampak kerugian akibat angin puting beliung. Di antaranya seng dan kayu balok pada atap rumah yang rusak dengan total kerugian ditaksir sekitar Rp35 juta," sebut Pak Haji sapaan Kabid Darlog.

Lanjut ia, warga yang terkena musibah tidak perlu mengungsi, karena rumah yang terkena pohon hanya bagian depannya saja.

"Kondisi mutakhir sampai berita ini dinaikan, setelah musibah terjadi, pohon sedang dibersihkan dan jalan belum bisa dilewati kendaraan sehingga harus dialihkan," tutupnya (***)