18 Oktober 2024
Gampong

Pupuk Langka, Sejumlah Tambak di Gampong Mon Jambee Terlantar

Foto : Harun Ishak, Warga Gampong Mon Jambee | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTAN GAMPONG NEWS - Sejumlah Petani tambak di Gampong Mon Jambee, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen mengeluh akibat Kelangkaan pupuk ditingkat petani. Persediaan pupuk di Gandapura sangat terbatas sehingga sejumlah tambak milik petani terpaksa ditelantarkan.

Kelangkaan pupuk dikeluhkan oleh Harun ishak warga Gampong Mon Jambee saat ditemui pewarta media ini, Kamis (13/1) mengatakan, kami petani tambak terpaksa membiarkan tambak kami begitu saja, sudah berbulan bulan kami biar kan begitu saja, karena persediaan pupuk tidak ada .

Kami selaku petani tambak minta kepada Pemkab Bireuen dan Dinas terkait untuk memperhatikan nasib kami sebagai petani tambak. Untuk bertahan hidup kami hanya bisa memelihara udang, katanya.

"Jatah pupuk yang bisa kami beli hanya 15kg sedangkan kebutuhan pupuk untuk tambak melebihi dari itu."

Dulu sangat mudah untuk mendapatkan pupuk, tiga karung masih ada stok untuk kita beli, akhir-akhir ini susahnya minta ampun untuk mendapatkan pupuk, tukasnya.

Apabila ada nya pupuk yang dapat jatah bisa kami beli cuma 15kg,dulu bisa kami beli 3 karung ada stok pupuk , akhir akhir ini di tempat kami tidak ada persediaan pupuk penjelasan harun.

Sementara itu, Geuchik Gampong Mon Jambee Rusli Hasan membenarkan terjadi kelangkaan pupuk untuk petani di Desanya. Petani sangat sulit untuk memperoleh pupuk sehingga sejumlah petani tambak tidak bisa berproduksi.

Pewarta: Adi Saleum
Editor: Elsa

-->