20 September 2024
Daerah

Resmikan Pusat Promosi Kerajinan, Pj Bupati : Kerajinan Berkontribusi Bagi Pembangunan Daerah

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDPj Bupati Pidie, Drs. Samsul Azhar didampingi Pj Sekda, Jufrizal, S.Sos., M.Si., Pj Ketua TP-PKK, Ny. Saptati Rengganis, S.P., Pj Ketua DWP, Ny, Zaitun Liza Darsiah, Amd., Kep., serta Kadis Perdagkop UKM, Cut Afrianidar, S.H., M.Si., meresmikan Pusat Promosi Kerajinan Dekranasda Kabupaten Pidie, di Pusat Perbelanjaan Kota Sigli, Selasa (10/09/2024). 

Dalam sambutan dan arahannya, Pj Bupati menyampaikan, peresmian Pusat Promosi Kerajinan Dekranasda kabupaten ini menjadi awal yang baik bagi para pengurus untuk terus berkiprah menyumbang ide, gagasan, dan aksi nyata demi kemajuan kabupaten Pidie. Sehingga produk kerajinan kita ini dapat dikenal di dalam maupun luar daerah. 

“Dekranasda Pidie memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina, dan mendorong potensi seni kriya, wastra atau kerajinan daerah di Kabupaten Pidie agar mampu berdaya saing, sehingga pada akhirnya memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Pidie", ucap Pj Bupati.

Dekranasda Pidie diharapkan berperan aktif untuk memfasilitasi IKM dan UMKM, mulai bahan baku, peningkatan ketrampilan, branding dan promosi serta pemasaran. 

"Sekarang semua serba elektronik dan teknologi informasi manfaatkan sistem online, sehingga produk kerajinan Pidie yang menjadi ciri khas dan budaya nantunya mampu bersaing", pinta Drs. Samsul Azhar.

Peresmian Pusat Promosi Kerajinan Dekranasda Kabupaten Pidie ditandai dengan Penguntingan Pita oleh Pj Bupati, dan disaksikan oleh unsur Forkopimda Pidie.

Turut Hadir, Asisten II Ir. H. Tarmizi Ismail, Plt Asisten III, Nasrinah Hanim, S.STP., M.P.A., Kepala Bappeda, H. Isnaini Ibrahim, S.T., M.Si., Kadis P3AKB Nurhanisah, S.IP., M.M., Kepala Dinas Bappeda Kabupaten Pidie H. Isnaini, ST, M.Si, Kadis PMG, Wahidin, S.STP., M.Si.,, serta Plt Kadinkes Pidie, dr. Muhammad Dwi Wijaya.

Pj Ketua TP-PKK yang juga Ketua Dekranasda Pidie, Ny. Saptati Rengganis, mengungkapkan harapannya atas diresmikan Pusat Promosi Kerajinan Dekranasda Pidie, bahwaPusat Promosi Kerajinan ini merupakan tempat untuk menampung semua hasil produk kerajinan karya para perajin Pidie.

"Pidie itu wilayahnya luas, saya berharap semua produk kerajinan dari seluruh gampong yang ada di Pidie dapat di promosikan. Saya juga berharap semangat ini tidak hanya berhenti di awal, tetapi terus berkembang dan semakin ramai dengan produk- produk unggulan, serta mendapat dukungan dari semua pihak", ungkap Ny. Saptati Rengganis.

Sementara itu, Kadis Perdagkop UKM Pidie, Cut Afrianidar, selaku Ketua Harian Dekranasda Pidie, menjelaskan bahwa Pusat Promosi ini adalah tempat yang menjadi harapan dari para perajin dalam menampung dan mempromosikan produk kerajinan yang telah mereka hasilkan.

"Alhamdulillah setelah sekian lama, akhirnya kita dapat mewujudkan harapan itu dibawah kepemimpin Ibu Saptati Rengganis", ucap Kadis Perdagkop UKM.

Peresmian ini juga sekaligus mengenalkan dan mepromosi busana daerah motif Boh Mulieng dan Pucok Reubong Pidie yang dikreasikan pada seni batik dan berbagai model bordir pakaian untuk wanita dan pria. 

Busana daerah Motif Boh mulieng dan Pucok Reubong  tersebut merupakan hasil karya cipta Cut Afrianidar.

Diharapkan, peresmian Pusat Promosi Kerajinan ini dapat menjadi magnet baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Pidie, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui promosi produk- produk unggulan daerah.(As)