17 September 2024
Kampus

Perkenalkan Prodi Dilingkungan FTK, DEMA FTK UIN Ar-Raniry Goes to School

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - DEMA FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh melakukan kegiatan DEMA FTK Goes to School yang dilakukan di sekolah MAN 4 Aceh Besar pada Rabu, 10 Mei  2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh 13 perwakilan dari setiap program studi serta di dampingi Oleh senat mahasiswa (SEMA) FTK.

Ini merupakan kegiatan yang memperkenalkan Prodi-prodi yang ada di lingkungan FTK dengan menjelaskan kegiatan dan proses perkuliahan yang ada di Program Studi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry serta memberi motivasi kepada para siswa untuk menjadi bagian dari Prodi-prodi yang ada di lingkungan  FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry serta dengan menampilkan keunggulan-keunggulan yang ada di prodi-prodi FTK.

Ketua panitia Fitria Sundari mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan fakultas tarbiyah serta memberikan motivasi kepada adik adik untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke ranah perkuliahan.  

Harapannya agar kedepannya generasi bangsa bisa lebih cerdas dalam memilih jenjang yang ingin mereka geluti, dan penyampaian materi yang disampaikan " Kata motivasi " pendidikan itu adalah setiap pelajaran yang kita dapatkan
Kegiatan DEMA FTK  Goes to School ini merupakan Program Kerja dari Departemen Hubungan Antar Lembaga (HUAL) DEMA FTK 2023. 

DEMA FTK berkolaborasi dengan 13 Himpunan Mahasiswa di Lingkungan Tarbiyah dan di dampingi Oleh Senat Mahasiswa (SEMA) FTK.

Wakil kepala Bidang Kesiswaan, Mardiani, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada DEMA FTK  yang telah memilih sekolah ini dalam agenda sosialisasi ini semoga siswa dapat mengetahui bagaimana Pendidikan yang di tempuh di perguruan tinggi dan bisa mempersiapkan diri mulai sekarang agar bisa bersaing untuk masuk di bidang yang di inginkan.

Dalam kegiatan ini, Ketua Dema FTK menyampaikan bahwa pentingnya melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi, dan Alhamdulillah di fakultas tarbiyah dan keguruan memiliki 13 prodi yang 5 di antaranya memiliki akreditasi unggul dan 8 prodi lain akan memjadi unggul dalam waktu dekat ini.  

Muhammad Kemal Kharazi dalam kegiatan ini menjadi Narasumber yang  menjelaskan bagaimana Fakultas Tarbiyah dan keguruan “Jangan Terlalu Bereksepetasi terlalu tinggi baik buruknya terhadap Kampus-kampus impian karena apa yang kita lihat tidak akan sama dengan apa yang akan kita jalani kedepan nya, karena akan berdampak pada apa yang akan kita jalankan kedepan nya nanti”  ujar Kemal.

Kemal juga mempromosikan Event Tarbiyah Fair VIII yang akan di adakan kedepan nya oleh DEMA FTK, yang mana di dalam kegiatan Tarbiyah Fair ada beberapa cabang lomba yang bisa di ikuti oleh siswa/i di setiap sekolah. 

Ketua Dema FTK Uin Ar Raniry Bahrol walidin, mengucapkan terimakasih kepada sekolah MAN 4 Aceh Besar yang telah mendukung penuh kegiatan kami. Dan saya juga mengungkapkan terimekasih kepada seluruh pengurus DEMA, dan seluruh ormawa yang telah membersamai dalam kegiatan ini untuk mensukseskan kegiatan ini.

Besar harapan agar kawan kawan yang lagi berada di kursi sekolah menengah atas agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Dalam kegiatan  ini perwakilan dari masing-masing prodi juga diberi kesempatan untuk memperkenalkan prodi nya masing-masing kepada siswa/i di MAN 4 ACEH BESAR. 

Selain itu, juga memperkenalkan bagaimana jalur masuk untuk diterima pada program studi Program studi, yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri atau PMB Lokal. (Muna Ulfiyah)