17 September 2024
Daerah

Pemerintah Aceh Bantu Kelanjutan Pembangunan Masjid Agung Baitul A'la

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tahun 2023 ini, Pemerintah Aceh akan membantu anggaran sebesar Rp.10 Milyar untuk kelanjutan pembangunan Masjid Agung Baitul A'la atau Masjid Giok Kabupaten Nagan Raya.

Anggaran sebesar tersebut,bersumber dari bantuan keuangan khusus APBA 2023,yang akan direalisasikan pada anggaran tahun 2023 ini.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Aceh,Teuku Raja Keumangan atau TRK,senin (9/1/2023) saat melakukan kunjungan ke Masjid Giok Kabupaten tersebut.

Bantuan tersebut kata TRK,diharapkan nantinya dapat difokuskan untuk menyelesaikan pembangunan 4 menara Masjid itu,yang telah lama terbengkalai.Untuk itu TRK tegaskan,anggaran 10 milyar itu dapat digunakan untuk pembangunan menara tersebut.

Bahkan ujarnya,gagasan awal pembangunan Masjid Giok tersebut,akan seluruh bangunan akan dilapisi dengan bahan material batu giok,baik bagian dalam masjid maupun bagian luarnya.

Sesuai dengan survei awal kala itu,kandungan potensi batu giok di Kecamatan Beutong dinilai cukup melapisi seluruh bagian masjid.Jika hal ini terwujud,tentunya masjid Giok Nagan Raya,merupakan rumah ibadah pertama dimuka bumi ini,yang materialnya dilapisi dengan batu giok,baik jenis black jade maupun nerfide,ungkapnya.

Untuk itu,Wakil Ketua DPR Aceh mengharapkan,agar Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dapat terus memacu penyelesaian pembangunan rumah ibadah tersebut,sehingga masa mendatang menjadi pusat wisata relegius dari berbagai Provinsi di Indonesia,bahkan Negara tetangga lainnya. (S)