18 Oktober 2024
News

Pada Hari yang sama, Dua Kebakaran Terjadi di Pidie

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Dalam sehari dua kebakaran terjadi di Pidie. Dari laporan BPBD Pidie menyebutkan, kedua kebakaran tersebut, gudang arsip Kantor Kemenag Pidie di Kota Sigli dan lahan rumpun bambu di Gampong Lhok Kajhu, Kecamatan Pidie terjadi pada Jum'at (14/04/2023).

Menurut keterangan Kalak BPBD Pidie, Muhammad Rabiul, S.T., M.T., melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Damkar, Ns. Syahrial, S.Kep., M.K.M., bahwa kedua peristiwa kebakaran ini disebabkan oleh pembakaran sampah.

"Pada peristiwa terbakarnya gudang arsip Kantor Kemenag Pidie, yang bersebelahan dengan Pendopo Bupati, disebabkan aktifitas pembakaran sampah oleh masyarakat yang berada di belakang kantor tersebut. karena kurang pengawasan, api dari pembakaran sampah ini menjalar ke gudang arsip", jelas Kabid.

Halnya yang menyebabkan kebakaran lahan bambu di Gampong Lhok Kajhu, dimana warga membakar sampah yang bertempat di lahan yang penuh rumpun bambu, mengingat cuaca cukup panas dan tanpa pengawasan, api pun menjalar ke rumpun bambu yang letaknya tidak jauh dari rumah-rumah warga, imbuh Ns. Syahrial.

"Gudang arsip Kantor Kemenag yang terbakar pada pukul 09.15 wib berhasil dipadamkan sekira pukul 10.30 wib, sedangkan lahan rumpun bambu berhasil dipadamkan satu jam kemudian, pada pukul 17.30 wib oleh petugas kita dengan dukungan armada damkar. Tidak ada korban jiwa dari kedua peristiwa ini", tutup Kabid Kesiapsiagaan dan Damkar, BPBD Pidie. (**) 

-->