20 September 2024
Daerah

Masjid Al-Huda Danau Bungara, Aceh Singkil. Di Penuhi Jamaah Sholat Idhul Adha

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Ratusan jamaah sholat idul Adha Kampung Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil. Memenuhi ruangan, hingga ke teras masjid Al-Huda. Untuk melaksanakan sholat hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, tepat di bulan Zulhijjah 1445 Hijriyah. Senin, (17/6/24).

Di ketahui jamaah sholat idul adha, mulai datang pagi hari, bahkan ada yang datang sebelum masuk sholat subuh dengan mengumandangkan lantunan gema takbir.

Puncak Kepadatan jama'ah masjid Al-Huda Danau Bungara, setelah pengurus masjid Subur Sinaga menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan sholat idul Adha, sembari mengatur sap - sap jamaah. Sehingga pada saat pelaksanaan sholat id dan khatib khutbah naik ke mimbar jamaah tenang tidak berisik, karena khutbah rangkaian ibadah hari raya idul Adha.

Pelaksanaan sholat idul Adha di masjid Al-Huda Danau Bungara, bertidak sebagai imam Ustadz Pasantren Al-hafidz Rizqullah dan Khatib Khutbah Tgk Muda Hambalisyah, M.Pd.

Pesan khatib khutbah idul Adha Tgk Muda Hambalisyah, "jadikan hari idul Adha atau hari raya kurban. Pelajaran tentang keluarga Nabi Ibrahim, AS , Siti Hajar dan Nabi Ismail, AS yang taat, sabar dan santun berbicara. Baik dengan bapak, istri dan anak. Ucapnya, saat bertausiyah, lanjutnya.

"Ke tiga sosok tersebut, mengkisahkan pentingnya berdialog bagus dengan orang tua dan anak, artinya saling hormat menghormati. Di implementasikan kehidupan sehari-hari, jaga diri dan keluarga. Jagan sempat anak kita, terjerumus dengan judi online, narkoba dan kejahatan lainnya. Sehingga pada saat kita mati, cukup pertanyaan malaikat tetang kita, bukan pertanggung jawaban perbuatan anak kita." Tutup Tgk Muda Hambalisyah. (Khairi)