16 April 2024
Daerah

Mahasiswa BSA UIN Ar-Raniry Ikuti Muktamar ITHLA X Se Indonesia di Yogyakarta

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Lima Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Universita Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yaitu, Muhammad Erlangga Subekti, Suchairil, Luthfi Al-Afkari, Rainal Arafi dan faizul Fatra, mengikuti kegiatan Muktamar ITHLA X dan Kemah Bahasa Arab dan Konferensi Bahasa Arab Internasional di Yogyakarta dan Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai 22-24 November 2022. Selasa (22/11/2022)

ITHLA (Ittihadu Tholabah Al-Lughah Al-Arabiyah) adalah persatuan Bahasa Arab se Indonesia dan bahasa Arab merupakan bahasa yang telah di sahkan  sebagai bahasa resmi Oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 18 Desember 1973. Bahasa Arab menempati posisi ke 6 dan penutur terbanyak di di dunia. Sebab itu bahasa Arab bukan hanya di kenal sebagai bahasa orang Arab saja, melainkan bahasa orang muslim di seluruh dunia.

Alfikri Rausen Aditya selaku Ketua ITHLA mengatakan “Muktamar ITHLA (Ittihadu Tholabah Al-Lughah Al-Arabiyah), Merupakan acara puncak yang di adakan satu tahun sekali , acara ini menjadi ajang pertemuan, silaturrahmi, ajang ber tukar pikiran dan berbagi pengalaman bagi para Mahasiswa Bahasa Arab seluruh Indonesia. melalui kegiatan Mukhtamar X ini, Ittihadu Tholabah Al-Lughah Al-Arabiyah (ITHLA) bisa memajukan Mahasiswa Bahasa Arab tingkat Nasional maupun Internasional”. Ujarnya

Dan kegiatan Muktamar ITHLA X ini dihadiri dan di isi oleh pemateri yang luar biasa, seperti wakil MPR RI, Imam Masjid besar Istiqlal , dan pemateri luar biasa lainnya, dan Kasudip pengembangan akademik Diktis. Kegiatan ini juga di barengi latihan Bahasa Arab dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia.


Acara ini di buka langsung oleh Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. dalam pembukaannya beliu mengatakan “Bahasa Arab dan tradisi orang Arab  harus kita dalami di Indonesia dan  kita perlu memikirkan ulang untuk mempererat relasi, kita dengan negara-negara lain.  Seperti negara timur timur tengah yang memiliki sumber literatur, kitab-kitab yang menjadi acuan ummat , sebab demikian, kita tidak bisa mempelajari nya tanpa bisa bahasa Arab, kitab suci Al-Quran juga menggunakan bahasa Arab, karena bagaimana tidak, bahasa Arab adalah  bahasa nya umat Islam, tutupnya. (Rahmat