19 Mei 2024
News

Lumpur Rusak Jalan dan Rumah Warga di Tangse, Banjir Juga Genangi Pemukiman di Glumpang Tiga

LIPUTANGAMPONNGNEWS.ID - Hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis (25/04/2024) sore  melanda wilayah Kecamatan Tangse dan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh, menyebabkan lumpur bercampur bebatuan menimbun badan jalan dan menerjang rumah warga.

Di Tangse, lumpur terbawa banjir telah menutupi badan jalan penghubung Gampong Ranto Panyang dan 5 rumah warga rusak diterjang lumpur. Sedangkan di Kecamatan Glumpang Tiga, selain jalan juga pemukiman warga Gampong Cot Tunong dan Cot Baroh tergenang.

Kalak BPPD Pidie, Muhammad Rabiul, S.T., M.T., menyampaikan, hujan deras di Tangse, sekira pukul 15.05 wib, menyebabkan lumpur terbawa banjir memenuhi badan jalan, dan menerjang 5 unit rumah warga Gampong Ranto Panyang. 

"Dibantu personel TNI dan Polri, warga terdampak sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Dan BPBD sudah berkoordinasi dengan PUPR, Dinsos serta Forkopincam setempat untuk penanganan pasca kejadian", jelas Kalak.

Dikatakan, pembersihan material lumpur yang memenuhi badan jalan akan dilakukan pada Jum'at pagi. 

"Dengan mengerahkan alat berat, kita rencanakan Jum'at pagi dilakukan pembersihan material lumpur yang memenuhi badan jalan, sehingga bisa normal kembali", sebutnya.

Kalak BPBD Pidie juga menyampaikan, banjir telah menggenangi jalan dan pemukiman warga Gampong Cot Tunong dan Gampong Cot Baroh, Kecamatan Glumpang Tiga. 

"Akibat luapan Embung Paya Raoh, setelah hujan deras melanda wilayah tersebut pada Kamis (25/04/2024) sekira pukul 21.00 wib", terang Muhammad Rabiul.

Warga diharapkan tetap waspada, hindari tempat berpotensi longsor.

"Kita imbau warga mewaspadai lokasi rawan longsor, karena potensi hujan susulan dengan intensitas tinggi bisa terjadi", Kalak BPBD Pidie, mengingatkan. (As)