19 April 2024
Daerah

Ketua Komunitas Pijay Gleeh: Penanganan Sampah Medis di Pidie Jaya Belum Sesuai Standar

Liputangampongnews - Ketua Komunitas Pijay Gleeh Fazli Husin menilai, pengelolaan sampah medis dilingkungan RSUD Pidie Jaya tidak dikelola dengan baik, ini terjadi lantaran pengelolaannya tidak sesuai standar, sampah medis ditumpukkan begitu saja dibelakang ruang pinere rsud Piidie Jaya.

Sampah medis ini sangat berbahaya, ini masuk kategori sampah beracun dan berbahaya (B3). Seharusnya ada penampungan khusus limbah medis dan sampah bekas penanganan pasien rumah sakit, katanya.

Ia menilai, penan4ganan sampah medis di Pidie Jaya saat ini tidak beres. Pemerintah daerah kurang peduli dengan penanganan limbah medis, hal itu terlihat di rsud pidie jaya, sampah dibiarkan begitu saja dipekarangan rumah sakit, kata dia.

Seharusnya Pemerintah Daerah mengawasi rumah sakit, puskesmas, dan klinik agar sampah-sampah medis ini dapat dikelola dengan baik dan sesuai dengan standar penanganan B3, ujarnya.

“Harusnya rumah sakit, klinik, puskesmas itu kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk memberikan standar supaya limbah dikelola dengan benar, pungkasnya. (**)