18 Oktober 2024
News

Keluarga Tak Mampu ke Pekan Baru, Pemkab Pidie Berinisiatif Jemput Asmaul Husna Untuk Berobat di Aceh

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pemkab Pidie telah mengambil langkah langkah untuk membantu seorang warga Gampong Ceurih Cot, Kecamatan Delima, Pidie, Asmaul Husna (27) yang sakit dan sedang dirawat di RSUD Awal Bros Peukan Baru, Provinsi Riau.

Asmaul Husna akan dirujuk ke RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Karena faktor ekonomi, sehingga keluarganya tidak mampu untuk menjenguk dan menjaganya selama di RSUD Awal Bros Pekan Baru.

Atas pertimbangan tersebut, Pemkab Pidie membantu kepulangan Asmaul Husna dari RSUD Awal Bros Pekan Baru, selanjutnya akan dirujuk ke RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, ungkap Pj Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., melalui Sekda, Drs. Samsul Azhar, Senin (22/01/2024) sore.

"Pemkab Pidie telah mengambil langkah langkah untuk membantu Asmaul Husna (Pasien), pertama kita membantu biaya keluarganya sembari menunggu pasien membaik dan dapat dibawa pulang ke Aceh", jelas Sekda.

Rencananya penjemputan Pasien dengan ambulans (via darat), yang nantinya akan dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. Tentunya dalam penjemputan Pasien ini Pemkab Pidie terus berkoordinasi dengan pihak RS setempat, imbuh Drs. Samsul Azhar.

"Pj Bupati Pidie, bapak Wahyudi Adisiswanto telah menugaskan Plt Kadinkes Pidie, Direktur RSUD TCD Sigli, dan RSUD TAS Beureunuen untuk menangani langsung. Ini adalah Kebijakan tindakan fungsi sosial pejabat Pemkab Pidie, demikian keterangan Pj Bupati Pidie melalui Sekda, Drs. Samsul Azhar.

Sementara itu, Direktur RSUD TCD Sigli, drg. Mohd Riza Faisal, MARS., membenarkan ihwal tersebut, dan sesuai tugas dari Pj Bupati, pihaknya dengan ambulans, pada sabtu malam (20/01/2024) dini hari meluncur dari Sigli ke Pekan Baru. 

"Minggu malam sampai di Pekan Baru, dengan mengikut sertakan dua orang perawat mahir dan dua sopir. Tadi (senin) sekira pukul 17.00 wib dari Pekan Baru kembali ke Sigli untuk membawa pulang Pasien", terang drg. Riza Faisal.

Tentunya setelah selesai proses Administrasi dan serahterima pasien dari perawat RSUD Awal Bros dengan perawat RSUD TCD Sigli, sebut drg. Riza Faisal.

"Kalau tidak ada halangan, besok Selasa (23/01/2024) malam, sekira pukul 20.00 wib, pasien tiba di Sigli,  dan akan dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin, untuk dilakukan lanjutan perawatan", ungkap Direktur RSUD TCD Sigli.

Sebelumnya dikabarkan, seorang warga kurang mampu (pekerja serabutan) asal Gampong Ceurih Cot, Kecamatan Delima Pidie, Asmaul Husna (27), dirawat di RSUD Awal Bros Pekan Baru, karena suatu penyakit yang sudah lama dideritanya.

Oleh karena pihak keluarga tidak bisa menjenguk dan menjaganya, karena ketidakmampuan (biaya) untuk datang ke Pekan Baru, yang diketahui dari pemberitaan media online, maka Pemkab Pidie, atas arahan Pj Bupati Pidie melalui Sekda langsung turun tangan, membawa pulang Asmaul Husna, yang selanjutnya dirawat di Aceh.

Selama proses penjemputan Asmaul Husna dari RSUD Awal Bros Pekan Baru ke Aceh, juga turut peran serta dari Ketua Persatuan Masyarakat Asal Aceh (PERMASA) Provinsi Riau, Fauzan, S.STP., M.Si., yang saat ini juga menjabat sebagai Camat Marpoyan Damai, Kota Pekan Baru, Riau.(As)

-->