08 September 2024
Gampong

Keluarga Miskin ini Tidak Punya Rumah, Saat Ini Menempati Rumah Sewa Rp100 Ribu Pertahun

Foto : Kondisi Rumah Yang Saat Ini Disewa Janati Rp.100 Ribu Pertahun | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Janati Zulkarnaen (38) seorang ibu rumah tangga yang memiliki tiga orang anak menempati sebuah gubuk yang tidak layak huni di Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Kamis (23/12).

Walaupun sudah lama menetap di Gampong Cot Jeurat namun dikartu tanda penduduk (KTP) Janati masih berstatus sebagai warga Gampong Dusun Paya Pala Uteun Bunta, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Janati bersama sang suami Ali SR (35) beserta tiga orang-anaknya menumpang dirumah Tengku Raja di Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

Suami Janati kesehariannya bekerja sebagai kuli bangunan di Kabupaten Bireuen yang pendapatannya tidak menentu, kadang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja susah.

Mendengar kabar tentang keluarga miskin ini, Adi Saleum perwarta media liputangampongnews.id mencoba menelusuri Gampong Cot Jeurat, Kota Juang untuk melacak jejak keberadaan keluarga miskin ini,


"Melihat raut wajahnya penuh haru dan sedih, betapa tidak sekian tahun hidup menumpang dirumah orang lain, dengan kesanggupan 1 tahun Rp.100.000 , untuk biaya sewa rumah tersebut." Hati siapa yang tak iba melihat kondisi ini.

Kepada pewarta media ini, Janati mengakui sudah belasan tahun menumpang dirumah orang tersebut dengan kehidupan yang susah sementara penghasilan sang suami pas pasan.

Kata Janati, sebentar lagi saya dan keluarga tidak bisa lagi menempati rumah ini karena pemiliknya mendapatkan rumah bantuan rehab.

Janati merasa bingung dan gelisah menikirkan nasib keluarganya, dimana nanti kami harus tinggal, untuk bayar sewa rumah ditempat lain kami pasti tak sanggup, ucapnya.

"Kalo rumah ini masih sanggup kami bayar, karena kami hanya dibebankan cuma Rp. 100 ribu pertahunnya," kata dia.

Dengan kondisi ini, Janati pun sangat mengharapkan kepada bupati bireuen dan dinas sosial , untuk bersedia membantu membuat rumah di tanah warisan alm ayahnya, yang sudah di hibahkan kepadanya.

Dengan penuh harapan meminta bantuan sudi kiranya berkunjung untuk melihat tempat tinggalnya di Gampong Cot Jeurat, Kecamatan , Kota Juang

Salah seorang Tokoh Masyarakat Bireuen mengakui bahwa dirinya
sudah beberapa kali berkunjung kerumah Janati, dia mengakui memang kondisinya sangat miris, rumahnya benar-benar gak layak huni, ujarnya.

Kata dia, dinding dan atap nya bocor, keluarga miskin ini sangat layak untuk di bantu, dia berharap semoga ada dermawan di Kabupaten Bireuen yang tergerak hatinya untuk membantu Janati dan keluarganya.

Jika ada pihak yang ingin membantu membangun rumah untuk keluarga ini, baik itu pemerintah aceh maupun pemkab bireuen atau lembaga kemanusiaan lainnya, keluarga miskin ini memiliki sebidang tanah ukuran rumah bantuan yang merupakan warisan dari almarhum ayahnya yang sudah di hibahkan.

Pewarta: Adi Saleum.