28 Maret 2024
Kampus

Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa Dan Sastra Arab Gelar Arabic Club

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Bahasa arab saat ini merupakan bahasa yang sangat penting di era ini, bahasa arab juga menjadi salah satu bahasa yang resmi PBB di sebabkan bahasa ini di gunakan oleh banyak orang , baik dari indonesia, thailan dan lain-lain bahkan di seluruh penduduk negara di dunia. Dan banyak nya penutur bahasa arab ini di karenakan bahasa arab yang merupakan bahasa ilmu dan agama baik di dunia maupun diakhirat. 

Bahasa arab juga merupakan sumber informasi, wawasan dan ilmu pengetahuan yang berasal dari berbagai buku yang berbahasa arab. Selain itu, kedudukan bahasa arab sebagai bahasa bahasa agama islam menjadikan bahasa tersebut banyak dipelajari oleh pemeluk agama islam di dunia khususnya.

Bahasa arab adalah bahasa yang tidak mempunya masa transisi sepanjang perputaran jaman, dan bisa di pastikan bahwa bahasa arab adalah bahasa yang sangat sempurna susunan, penulisan, uslubnya dan penulisannya, bahasanya merupakan paling kokoh gramatikal nya paling kaya makna, kosakata dan tak kalah penting, bahasa arab juga paling kapabel dalam memverbalkan pemikiran serta perasaan manusia yang mendalami nya.

Meskipun demikian ke istimewaan bahasa arab, sangat di sayang kan bahwa tidak semua orang khusus nya generasi muda saat ini mempunyai tekad dan kesabaran yang kuat untuk menumbuhkan keinginan mempelajari, memahami dan menguasai bahasa arab. 

Disisi lain, banyak pakar bahasa arab dari berbagai kalangan mengatakan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang paling sempurna sistem susunan, pengucapan dan penulisannya, paling kokoh gramatikalnya, paling kaya  makna dan luas kosa katanya, paling kapabel untuk memverbalkan pemikiran dan perasaan manusia, dan tidak memiliki masa transisi serta tidak pernah luntur karakteristiknya sepanjang perputaran zaman.

Meskipun dengan demikian, sangat disayangkan bahwa tidak semua orang  khususnya generasi muda saat ini mempunyai keinginan dan kesabaran  yang kuat untuk mempelajari, memahami dan menguasa bahasa istimewa ini. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan keinginan, kesabaran dan kesadaran yang kuat akan pentingnya menguasai bahasa internasional ini khusususnya bagi mahasiswa prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Ar-Raniry , maka dibentuklah arabics club untuk mendalami bahasa Arab di luar jam kuliah khususnya bahasa Arab aktif di acara-acara formal. 

Arabics club adalah wadah yang di sediakan terkhusus untuk mahasisa baru tahun 2022 guna ber proses dalam meningkatkan skil dalam berbahasa arab dan mengkaji hal hal yang bersangkut paut dengan Bahasa dan Sastra Arab di luar jam kuliah. 

Arabics club ini di motori oleh bidang bahasa dan pendidkan Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (HMP-BSA), dan ini  mendapat dukungan 100% dari ketua prodi Bahasa dan Sastra Arab yaitu Dr. Zulhelmi MHsc. dan dia berpesan “jangan semangat di awal, layu di akhir” bidang bahasa dan pendidikan pun bersemnagat dalam meewujudkan Arabicas club ini.

Sehubungan dengan krusialnya komunitas Arabics Club ini,  kami mengajak kepada segenap pihak untuk turut serta menyukseskan agenda serta program yang dicanangkan oleh komunitas ini. 

Apabila bahasa ada di tangan kita, maka dunia berada genggaman kita. Fi Ayyi Ardhin Nata’allam, bil ‘Arabiyyati Natakallam. Salam Manabir!

Pewarta : Nuriyatul Hidayah