16 April 2024
Gampong

Gampong Mesjid Tuha Launching Mestu Mart Bumdesa

Liputangampongnews.id - Pemerintah Gampong Mesjid Tuha Kecamatan Meureudu Kab. Pidie Jaya melalui Badan Usaha Milik Desa Harapan Baru Mesjid Tuha Kamis 23 Desember melakukan Launching Usaha Mestu Mart yang di tepung tawari oleh Abati Anwar Pimpinan Pesantren Al-Hijrah Gampong Mesjid Tuha.

Direktur Badan Usaha Milik Desa  (Bumdesa) Harapan Baru Mesjid Tuha Dedy Kuesnedy, SH Kepada media ini menjelaskan bahwa dirinya baru di angkat sebagai Direktur Bumdesa dua bulan yang lalu. Dan atas dorongan semua pihak untuk menggerakkan ekonomi dan pendapatan asli gampong gampong saat ini tidak ada cara lain kecuali menghidupkan usaha-usaha Gampong melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa).

Dedy berharap dukungan masyarakat atas terobosan-terobosan yang akan dilakukannya bersama jajaran pengurus Bumdesa lima tahun kedepan. khusus masyarakat mesjid Tuha mari kita berbelanja kebutuhan sehari-hari di Mestu Mart, karena dengan berbelanja di Mestu Mart berarti kita telah berpartisipasi dan berkontribusi terhadap upaya peningkatan pendapatan asli Gampong yang nanti nya PAG tersebut juga kembali kepada Gampong untuk dilakukan Program pembangunan Gampong yang manfaatnya juga untuk masyarakat. cetus Dedy.

Ditempat yang sama Keuchik Gampong Mesjid Tuha Junaidi mengatakan bahwa sebenarnya Usaha Mestu Mart ini sudah direncanakan sejak tahun 2020, namun pada tahun tersebut terpaksa ditunda karena kondisi pandemi covid-19 yang membuat harga-harga di pasar tidak stabil dan banyak usaha saat itu harus gulung tikar. berdasarkan kondisi tersebut baru tahun ini program ini terlaksana. meskipun sisa masa jabatan dirinya lebih kurang 4 bulan lagi, Junaidi berpesan siapapun yang menjadi Keuchik nantinya semoga dapat fokus terhadap upaya pengembangan Bumdesa karena salah satu cara menyelamatkan dana desa saat ini hanya melalui Bumdesa. Jika suatu saat dana desa dihentikan, Kita telah siap untuk mandiri menjalankan roda pemerintahan Gampong dengan mengandalkan Dana dari Pendapatan Asli Gampong ( PAG ) dari Bumdesa. Jangan sampai ketika dana desa berhenti, Jerih imam saja kita tidak sumber untuk membayarnya. 

Lebih lanjut Junaidi menyampaikan bahwa dirinya selaku penasehat pada Badan Usaha Milik Desa ( Bumdesa ) Harapan Baru Mesjid Tuha berharap para Pengurus mulai Direktur sampai para Ketua Unit Usaha untuk selalu solid dan terus menciptakan program-program inovatif yang mampu menggerakkan ekonomi Gampong dan tentu nya menggenjot PAG bagi Gampong. atas nama Pemerintah Gampong Kita sangat siap untuk mendukung baik dari segi materil dan moril kepada Bumdesa, yang terpenting semua rencana usaha yang akan di ajukan nantinya berdasarkan analisa kelayakan usaha sesuai potensi Gampong. Ucap Junaidi.

Pendamping Lokal Desa ( PLD ) Gampong mesjid Tuha Munir juga ikut menyampaikam bahwa dirinya sebagai PLD selalu siap untuk membantu memfasilitasi desa dan Bumdesa  dalam upaya menggerakkan ekonomi dari desa sebagai mana harapan dari pada Bapak Presiden dan juga Menteri Desa. Sudah menjadi bagian tugas kami untuk menggerakkan ekonomi desa melalui program-program inovatif. Ungkap lelaki bertubuh tegap ini. (Aroel)