18 April 2024
Sosial

Cerianya, 36 Anak Panti Darul Aitam Ulim Pilih Sendiri Baju Lebaran Haji

Foto : Anak yatim piatu memilih sendiri baju Lebaran | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Senja itu Jum’at (16/7) ba’da shalat magrib suasana di Panti Asuhan Yatim Piatu Bustanul Aitam Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya terlihat berbeda. Pasalnya ada kabar gembira yang meraka dapatkan dari pengurus panti. Kabar yang diterima bahwa malam ini mereka akan diajak ke Kota Meureudu (ibukota Pidie Jaya) oleh Relawan MRI (masyarakat relawan indonesia) untuk berbelanja baju lebaran haji.

Puluhan bocah bersiap-siap berangkat ke Kota Meureudu, dengan tertib satu persatu bocah bersama teman sebayanya menaiki mobil pick up yang suda disediakan oleh abang-abang Relawan MRI Kecamatan Ulim. Ekspresi ceria dan bahagia sudah mulai terpancar dari wajah bocah lelaki bernama Muhammad Iqbal (13) itu. Dia adalah satu di antara 36 anak yatim piatu dibawa berbelanja pakaian lebaran di Kota Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.

"Alhamdulillah Kamoe senang that ka geupakat jak bloe bajee uroe raya haji pileh keudroe yang senang hatee (Alhamdulillah kami sangat senang diajak belanja langsung baju lebaran bebas memilih sendiri baju yang kami senangi)," ucap Iqbal dengan bahasa aceh yang kental.

Ekspresi bahagia dan ceria jelas terpancar dari wajah sejumlah anak yatim piatu tersebut ketika sampai di toko pakaian Kota Meureudu. Mereka sangat antusias saat memilih baju yang dibelikan. Anak-anak yatim piatu tersebut diberikan kebebasan memilih baju baru ukuran masing-masing.

Saifullah, Ketua MRI Kecamatan Ulim mengatakan ini kegiatan berbagi keceriaan bersama anak yatim piatu Panti Asuhan Bustanul Aitam Ulim. Pihaknya mengumpulkan donasi dari para dermawan di Kecamatan Ulim, terdiri dari masyarakat umum, Keuchik gampong dan salah seorang anggota dewan setempat.

“Jumlah dana terkumpul sekitar Rp.5.250.000. Karena penggalangan dana yang kita lakukan dalam waktu singkat, Alhamdulillah terkumpul segini. Kita menganggarkan sekitar Rp.150.000 per/ anak membeli baju baru,” papar Saifullah didampingi Muhammad Isa, SH, penasehat MRI Kecamatan Ulim

Secara bersamaan, Ketua MRI Pidie Jaya, Muyasir menyampaikan terima kasih banyak kepada para donator yang telah mendonasikan dan berbagi rezeki kepada anak yatim piatu melalui MRI Kecamatan Ulim. Hanya Allah Yang Maha Kuasa mampu membalas kebaikan kita semuanya.

“Jadikan aksi berbagi kecerian lewat baju baru Lebaran kepada anak-anak yatim piatu ini, sebagai sarana belajar bagi para anggota dan relawan MRI, agar lebih peka terhadap masalah-masalah sosial yang ada. Semoga aksi ini bisa menginspirasi aksi-aksi sosial lainnya, karena semakin banyak kegiatan kebaikan yang muncul akan semakin bagus rasa kemanusiaan kita," kata Muyasir mengakhiri. (***)