08 September 2024
Kesehatan

Bereh...!! Nyaris Semua Puskesmas di Pidie Jaya Raih Status Paripurna

Foto : Pj Bupati Pidie Jaya, Ir. H Jailani (kanan) dan Ka. Dinkes-KB, Eddy Azwar,.SKM., M.Kes (kanan)-KB. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDPelayanan kesehatan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Pidie Jaya semakin baik dan bermutu. Dimana, 'nyaris" semua Puskesmas Nanggroe Japakeh ini telah meraih hasil Akreditasi 'Paripurna' dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Di Pidie Jaya sendiri terdapat 12 Puskesmas, 11 Puskesmas telah mengikuti survei Re-Akreditasi pada akhir bulan Maret hingga Mei 2024. Satu Puskesmas sisanya baru selesai dinilai pada tahun 2023 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) Kabupaten Pidie Jaya, Eddy Azwar,.SKM., M.Kes mengatakan saat ditemui liputangampongnews.id Senin (1/7/2024) di ruang kerjanya, menyampaikan rasa syukur atas raihan tersebut.

Semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Pidie Jaya telah terakreditasi. Bahkan pada tahun ini kembali mengikuti proses Re-Akreditasi. Sebagaimana diketahui, bahwa akreditasi ini bersifat penting, sebagai syarat untuk melayani pasien BPJS Kesehatan," ungkapnya

"Alhamdulillah, saat ini semuanya 12 Puskesmas telah terakreditasi dengan hasil 75 persen meraih Predikat Paripurna dan sisanya mendapatkan predikat Utama. Proses akreditasi itu sama dengan perbaikan sistem menuju lebih baik." Tegaskan Eddy.

Capaian ini tidak lepas dari dukungan penuh bapak Pj. Bupati dan Pj Sekda Pidie Jaya yang hampir mengikuti semua pelaksanaan survei akreditasi. Tentu ini menjadi komitmen dari Pemkab dalam peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat." Pungkas Kadis.

Disebutkan, 9 Puskesmas/ PKM yang meraih predikat Paripurna ini adalah PKM Blang Kuta, PKM Kuta Krueng, PKM Bandar Dua di Kecamatan Bandar Dua. Selanjutnya PKM Ulim, PKM Meuruedu, PKM Trienggadeng dan PKM Panteraja, serta PKM Bandar Baru, PKM Cubo Kecamatan Bandar Baru.

Sementara itu, tiga PKM yang mendapat predikat Utama setelah dilakukan penilaian oleh surveyor adalah PKM Meurah Dua, PKM Jangka Buya dan PKM Simpang 4 Nyong Kecamatan Bandar Baru." Rinci Kepala Dinkes-KB.

Secara terpisah dikonfirmasi liputangampongnews.id, terkait pencapaian hasil akreditasi yang diraih Puskesmas, mengetahui hal itu, Pj Bupati Pidie Jaya, Ir H Jailani Bramat mengucapkan selamat dan sukses atas raihan akreditasi Paripurna yang didapat oleh sembilan PKM dan predikat Utama oleh tiga PKM di Nanggroe Japakeh.

Pj Bupati sekaligus mengapresiasi kerja para tenaga kesehatan (Nakes) yang tidak kenal lelah memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Saya ucapkan selamat dan sukses kepada PKM yang berhasil meraih predikat Paripurna dan juga Utama,” ucapnya.

"Status akreditasi ini merupakan amanah yang harus dijaga dan dipertahankan," kata Pj Bupati dan berpesan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan publik. Sebagai bukti capaian itu bukan hanya sekadar simbolis semata." Tandasnya 

Lanjut Jailani, keberhasilan dari Re-Akreditasi meraih predikat Paripurna ini, dapat dijadikan bahan acuan kepada puskesmas lain, untuk kedepannya dapat mendapatkan hasil yang Paripurna juga.

"Keberhasilan dalam proses Re-Akreditasi ini dengan mendapatkan hasil tertinggi, merupakan hasil koordinasi dan kerja sama yang luar biasa dari Dinkes-KB Pidie Jaya dengan pihak Puskesmas itu sendiri." Tutup PJ Bupati sembari menekankan,

Meskipun sudah pada puncak akreditasi, namun semua Puskesmas, wajib terus melakukan perbaikan baik segi layanan maupun akuntabilitas administrasi. Dan jangan lupa menjalankan 3 fungsi pokok Puskesmas.

Di antaranya, Sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayahnya. Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat. Serta memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya. (**)