20 April 2024
Gampong

Wak Abu, Lansia Sebatang Kara Luput dari Perhatian Pemerintah

Foto : Kondisi Wak Abu di gubuk miliknya yang tinggal sebatang kara | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Seorang lansia di Dusun Tani Jaya, Gampong Birem Bayeun, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Abu Bakar (70) luput dari perhatian Pemerintah.

Amatan Wartawan lansia di Birem Bayeun yang sering di sapa wak Abu Bakar itu tinggal di rumah miliknya di sebuah kebun sawit.

"Kini rumah yang dihuni nya itu sangat memprihatikan sekali."

Parahnya, Wak Abu Bakar hanya tinggal sebatang kara, sementara rumah yang dihuni nya itu hanya menumpang di kebun sawit milik warga setempat.

Disaat hujan deras, untuk tidur pun terkadang Wak Abu Bakar terkena rintisan hujan serta, angin kencang juga menembus dinding rumah nya.

Keuchik Birem Bayeun, Ismail, kepada awak media, Minggu (13/6/2021) mengatakan, dari dulu wak Abu Bakar sudah tinggal di rumah itu, dan tanah pun beliau tak punya.

“Sebelum saya menjabat sebagai kepala Desa Birem Bayeun, dari dulu kehidupan beliau sudah sangat memprihatinkan,” ujar Ismail selaku Keuchik.

Ismail menambahkan, saya sangat berharap Pemerintah Aceh Timur dapat membantu wak Abu Bakar yang kini kehidupannya butuh uluran tangan, ujarnya.

Sudah berjalan 3 bulan menjabat sebagai kepala Desa Birem Bayeun, sudah pernah saya masukkan nama beliau sebagai penerima rumah bantuan. Namun, yang bisa di bantu hanya rumah rehab saja, seharusnya rumah bantuan.

Apalagi maraknya Covid-19, sesuai aturan perbup bahwa yang berhak menerima bantuan dari pemerintah bagi yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

“Jika Pemerintah Aceh Timur bersedia memberi bantuan rumah, maka secara pribadi, kami siap mencari tanah untuk membangun sebuah rumah untuk beliau,” pungkasnya. (**)