19 September 2024
Sumut

Solidaritas Kebangsaan RI Tegaskan Komitmen Pilkada Damai di Sumatera Utara

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID Solidaritas Kebangsaan RI kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga persatuan dan kedamaian dengan menggelar Deklarasi Damai II & Doa Bersama Lintas Iman di Kota Medan, Sumatera Utara. Acara ini berlangsung di Mutiara Suara Nafiri Convention Hall, Jalan Wahid Hasyim, pada Sabtu, 10 Agustus 2024, dan dihadiri oleh berbagai tokoh lintas agama, suku, dan budaya.

Deklarasi Damai II dimulai dengan sambutan dari Pangdam 1/BB, yang diwakili oleh Irutum ITDAM 1/BB, Kolonel Inf Sampang Marulitua Sihotang, S.Si., mewakili Forkopimda Sumatera Utara. Dalam sambutannya, Pangdam 1/BB memberikan apresiasi terhadap inisiatif Solidaritas Kebangsaan RI dalam menyelenggarakan kegiatan yang berfokus pada perdamaian dan kerukunan, terutama menjelang Pilkada 2024. Ia menegaskan pentingnya sosialisasi yang positif kepada masyarakat, khususnya di Sumatera Utara, untuk berperan aktif dalam mewujudkan Pilkada yang damai, jujur, dan adil di seluruh Indonesia.

Ketua Umum Solidaritas Kebangsaan RI, Dody Lukas, S.Th., M.M., dalam sambutannya menekankan bahwa Pilkada 2024 yang akan digelar di seluruh provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia, harus didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakat. "Mari kita ciptakan suasana damai, sejuk, dan menyenangkan dalam perhelatan akbar kali ini," ujarnya. Ia juga mengingatkan bahwa siapa pun yang memenangkan kontestasi Pilkada 2024 mencerminkan kemenangan bangsa Indonesia secara keseluruhan. "Yang menang adalah rakyat Indonesia," tambahnya dengan penuh semangat.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kadis Perhubungan yang mewakili PJ Gubernur Sumatera Utara, Kolonel Inf Sampang Marulitua Sihotang, S.Si. dari ITDAM 1/BB, Wadir Binmas Polda Sumut AKBP Achmad Muhaimin, SIK., MH, Kabag Kesra Kota Medan Abu Kosim, M.AP., serta enam tokoh agama dari Solidaritas Kebangsaan RI. Kehadiran para tamu undangan dari berbagai latar belakang agama, suku, dan budaya semakin menegaskan semangat persatuan dan kebangsaan yang menjadi tema utama acara ini.

Deklarasi Damai II & Doa Bersama Lintas Iman ini diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkuat persatuan di tengah masyarakat, terutama menjelang Pilkada 2024. Solidaritas Kebangsaan RI berkomitmen untuk terus mendorong kegiatan-kegiatan yang mampu memupuk semangat kebangsaan dan kedamaian di seluruh penjuru negeri. (AD)