28 November 2021
logo
Gampong

Rumah dan Warung Dikepung Lalat, Warga Gampong Cot Tunong Protes Pengusaha Ayam Ternak

Liputangampongnews.id – Warung dan Rumah warga di Gampong Cot Tunong, Kecamatan Geulumpang Tiga, Kabupaten Pidie saban hari di kepung lalat, warga mengeluh dan protes terhadap pengusaha peternakan ayam, Jumat (19/11).

Serbuan lalat disinyalir datang dari kadang peternakan ayam di Gampong Cot Tunong, saban hari lalat itu mendadak datang menyerbu sejumlah warung dan rumah warga, kata salah seorang warga setempat yang tidak ingin namanya disebutkan.

"Kehadiran tamu tak diundang itu sangat meresahkan warga disekitar, kami sudah tidak sanggup lagi menghadapi serbuan lalat yang jumlahnya tidak sedikit," ujarnya.

Kedatangan lalat-lalat itu dikhawatirkan akan membawa penyakit yang berdampak pada anak-anak dan lansia, sebutnya.

Menurut dia, lalat-lalat itu sangat mengganggu hinggap sana sini, makananpun dikerumuninya takutnya anak-anak yang terkena penyakit.

Ini sudah sangat keterlaluan, digunakan pembasmi dan lem perekat lalatpun sudah gak mampan lagi, kata dia.

Warga sangat menyesalkan peristiwa kepungan lalat yang diduga datangnya dari kandang peternakan ayam yang dekat dengan perkampungan penduduk.

Warga meminta pengusaha ayam ternak dan dinas terkait untuk menertibkan kandang-kadang ayam yang lokasinya berdekatan dengan rumah warga, dampaknya harus benar diperhatikan, tukasnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Cot Tunong, Kecamatan Geulumpang Tiga, Kabupaten Pidie, Tarmizi, S.Pd membenarkan bahwa  pasukan lalat sedang menyerbu wilayahnya.

"Iya benar bang, lalat itu datang di waktu-waktu tertentu saja, semenjak ada kandang ayam pedaging," kata Tarmizi.

Kehadiran lalat di waktu sudah di panen ayam nya, kalau kandang sudah kosong jadi lalatnya kabur ke rumah warga, pungkasnya. (**)

logologo
logologo