08 September 2024
Sosial

PPNI, KJ, dan BMA Gelar Sunat Massal di Pidie Jaya

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDPersatuan Perawat Indonesia (PPNI) Pidie Jaya dan Komunitas Jurnalis (KJ) Pidie Jaya bekerjasama dengan Baitul Mal Aceh (BMA) mengadakan kegiatan sunat massal untuk 33 anak yatim dan fakir miskin di Klinik Berkah Ibu, Kecamatan Ulim, Sabtu (6/7).

Koordinator kegiatan yang juga Ketua PPNI Pidie Jaya, H. Fakhrurrazi, M.Si, menyampaikan bahwa prosesi khitan dilaksanakan di Klinik Utama Berkah Ibu. Selain menyediakan tempat, Direktur Klinik juga memberikan santunan kepada peserta sunatan massal.

Selain itu, Humanity Initiative, yang merupakan mitra kegiatan sosial di Pidie Jaya, turut menyumbang kain sarung untuk anak-anak yang dikhitan.

Ibu Dharma Wanita (DW) Pidie Jaya bersama tim juga ikut hadir dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan sunatan massal ini, pungkas Haji Fakrul. 

Mukhlis Sya'ya, Anggota Badan Baitul Mal Aceh (BMA), mengatakan bahwa anggaran kegiatan ini berasal dari dana zakat senif fisabilillah tahun 2024. BMA bekerja sama dengan beberapa mitra berpengalaman untuk memastikan pelaksanaan sunatan ini berjalan dengan baik, baik dari segi manajemen maupun teknis.

Mukhlis menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan kontribusi BMA dalam membantu keluarga kurang mampu untuk mengkhitankan anak-anak mereka, mengingat khitan tidak ditanggung oleh JKA/BPJS Kesehatan. 

"Terima kasih kepada PPNI Pidie Jaya dan semua pihak yang terlibat aktif sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. Semoga Allah SWT mencatat ini sebagai amal saleh bagi kita semua," ujarnya. Mukhlis juga meminta kepada para mustahik untuk mendoakan kebaikan bagi panitia, amil, dan muzakki yang sudah berzakat ke BMA.

Klinik Utama Berkah Ibu, selain memfasilitasi tempat pelaksanaan, juga memberikan santunan untuk peserta sunatan massal. Humanity Initiative, mitra kegiatan sosial di Pidie Jaya, turut menyumbang kain sarung untuk anak-anak yang dikhitan. (**)