19 September 2024
Daerah

KJ Pidie Jaya Gelar Sunat Massal Ceria di Puskesmas Ulim, Ini Kata Wakil Rakyat

LIPUTANGAMPONGNEWS. ID - Libur sekolah menjadi momentum yang tepat ‎bagi anak laki-laki di Aceh khususnya di Pidie Jaya untuk melakukan khitan (sunat), pada saat masuk sekolah anak-anak sudah bisa kembali beraktivitas secara ‎normal dan sembuh dari sayatan. 

Memanfaatkan momentum liburan tersebut Komunitas Jurnalis Pidie Jaya (KJP)  bekerjasama dengan Puskesmas Ulim, IDI dan PPNI Pidie Jaya menggelar sunatan ceria untuk sejumlah anak yatim dan fakir miskin di Kabupaten setempat. 

Nasruddin  Pj. Ketua Umum Komunitas Jurnalis Pidie Jaya dalam sambutannya menuturkan, bahwa program sunatan dari KJ Pijay ini dikhususkan untuk anak-anak yatim piatu dan fakir miskin saat memasuki masa liburan sekolah.

Kata dia, program ini dianggap penting dan berguna karena sekarang BPJS tidak menanggung biaya untuk  sunatan, sehingga pasien sunatan harus menanggung biaya untuk sunat. Untuk itu KJ Pidie Jaya menggelar kegiatan sunat masal gratis untuk fakir miskin dan anak yatim di Pijay. 

"Sama seperti sunat massal lainnya yang pernah kita lakukan sebelumnya, peserta tidak dikenakan biaya sepeser pun," ungkap Nasruddin, Selasa (27/12). 

Program ini, lanjut Nas, merupakan kali kedua dilakukan KJ Pidie Jaya di tahun 2022, sebelumnya KJP juga sudah melakakukan kegiatan yang sama pada bulan ramadhan. 

"Terima kasih kepada semua relawan dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Semoga program ini diharapkan dapat berlanjut ditahun-tahun berikutnya," jelasnya. 

Usai disunat, anak-anak juga diberi bingkisan berupa kain sarung dan uang saku untuk  35 anak yatim piatu yang mengikuti sunat ceria hari ini.

Pantauan dilokasi tak sedikit anak - anak yang berani dan siap untuk di sunat, ada pula dari mereka yang takut, saat proses khitan oleh tim medis dimulai. Namun, keceriaan nampak ketika mereka mengetahui sunat telah selesai dilakukan.

Untuk diketahui, kegiatan sunat massal ceria tersebut sumber dananya dari Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, yang merupakan dana aspirasi dari Yusri Abdullah Wakil Rakyat dari Dapil Meureudu, Meurah Dua dan Ulim. 

Sementara itu, Yusri Abdullah Anggota DPRK Pidie Jaya dari Fraksi PAN yang ikut hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan aksi sosial yang dilakukan oleh kawan-kawan dari Komunitas Jurnalis Pidie Jaya (KJP). 

"Aksi sosial ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, ini kita suarakan untuk meringankan beban masyarakat  miskin dan anak yatim piatu di Pidie Jaya. 

Ini sesuatu yang luar biasa dilakukan teman-teman KJP. Kegiatan-kegiatan sosial seperti ini patut kita dukung dalam membantu masyarakat miskin di Pidie Jaya, pungkasnya. (RED