18 Oktober 2024
Daerah

Waled Kukuhkan Paskibra Pidie Jaya Tahun 2023, Dandim 0102 Pimpin Upacara Taptu.

Foto : Wakil Bupati Pidie Jaya, Dr. H. Said Mulyadi, SE, M.Si memasang kendit kepada perwakilan anggota Paskibra Pidie Jaya dalam upacara pengukuhan. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi mengukuhkan langsung 60 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Pidie Jaya Tahun 2023 di Pendapa Bupati setempat, Rabu, 16 Agustus 2023 malam.

Pengukuhan Anggota Paskibra ini ditandai dengan pemasangan kendit secara simbolis oleh Wakil Bupati kepada perwakilan anggota Paskibra Pidie Jaya.

Upacara pengukuhan diikuti Bupati Aiyub Bin Abbas bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) plus Pidie Jaya, Sekda Pidie Jaya, serta sejumlah kepala SKPK dan masyarakat umum.

Putra dan Putri terbaik Kabupaten Pidie Jaya akan bertugas pada upacara kenaikan dan penurunan bendera merah putih yang dilaksanakan di Lapangan/Alun-alun Kota Meureudu, Pidie Jaya, pada Kamis tanggal 17 Agustus 2023.

60 Anggota Paskibraka ini masih berstatus pelajar tingkat SMA/sederajat dan merupakan perwakilan dari 8 kecamatan se-Kabupaten Pidie Jaya.

Sebelumnya mereka telah menjalani latihan sekitar lebih kurang 24 hari dilatih oleh jajaran Kodim 0102 Pidie/Pidie Jaya dan jajaran Polres Pidie Jaya.Suasana haru terasa dalam pengukuhan ini, terlebih lagi ketika satu persatu melai dari Pelatih, Danki dan anggota Paskibraka Kabupaten Pidie Jaya mencium sang merah putih secara bergantian di penghujung upacara yang sebelumnya juga di Peusijuk oleh Ketua MPU Pidie Jaya, Tgk H Anwar Usman.

Waled sapaan akrab Said Mulyadi saat sambutan mengatakan, turut bangga atas dedikasi para anggota Paskibra yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan selama 24 hari, baik itu pendidikan disipilin, wawasan kebangsaan yang semua itu adalah modal dalam meneruskan cita cita pembanguan bangsa.

"Selamat kepada anggota Paskibra yang sudah dikukuhkan. Kalian mendapat kepercayaan mengibarkan bendera Merah Putih adalah kebanggaan yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dan kesuksesan dalam menunaikan bhakti dan cinta kepada bangsa Indonesia,” kata Waled

Dirinya juga berpesan agar semangat nasionalisme, patriotisme, dan jiwa kepemimpinan yang terbentuk selama masa penempaan tidak hanya berhenti pada momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI, namun harus terus diimplementasikan dalam kehidupan.

Setelah prosesi pengukuhan anggota Paskibra, selanjutnya dilakukan upacara penetapan waktu (Taptu) dan pawai obor keliling yang dipimpin oleh Dandim 0102 Letkol INF Abd Jamal Husin yang diikuti oleh personil TNI/Polri , Satpol PP dan sejumlah ASN.Obor keliling di mulai dari podium utama Perayaan HUT RI ke 78 di Alun-alun Kota Meureudu dengan rute melawati kawasan pusat ibukota Pidie Jaya melalui Gampong Mesjid Tuha dan Kota Meuruedu kemudian kembali lagi ke lapangan pelaksanaan Upacara. (*)

-->