19 April 2024
Gampong

Gampong Alue Gani Nagan Raya, Budayakan Ceramah Agama di Pesta Pernikahan

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Desa Alue Gani kecamatan Darul makmur Kabupaten Nagan raya telah melakukan ide-ide baru yg mengarah kepada pelaksanaan syariat islam yang berkaitan dengan pelaksanaan acara pesta pernikahan dan sunnat rasul di daerah setempat.

Seperti pada malam Minggu 10 September 2022 acara pesta pernikahan di rumah  Usman  salah seorang warga Gampong Alue Gani, Pada acara tersebut di malam puncak diadakan ceramah agama yang di isi oleh Tgk.H Armisli asal Aceh barat daya. Acara yang meriah dan ramai tersebut selesai hingga  jam 11-30 Wib.

Pada acara tersebut juga dihadiri imam syik dan seluruh perangkat hukum Gampong Alue Gani . Acara ini diawali dengan pembacaan Al-Qur'an oleh Qari terbaik yaitu Tgk. Marwan Yang diundang dari Gampong Alue bata.

Keuchik Gampong Alue Gani Nyak Abu bakar MD, mengatakan, Kami sangat mendukung dan meng-apresiasi acara ini, karena ada pembahasan khusus tentang hukum pernikahan yang selama ini jarang kita dapatkan.

"Apalagi Tgk Armisli membahas panjang lebar tentang makna pernikahan dan lengkap dangan hukum dan syarat- syarat nya tentu ini kurang di bahas di momen yang lain"pungkasnya.

Di tempat yang sama, Tgk.Muhammaddin selaku imam syik setempat berujar Bahwa acara ini perlu di dukung karena sangat besar manfa'atnya bagi kita semua.

"Acara ceramah Agama di pesta perkawinan akan menjadi solusi bagi masyarakat  sebagai antisipasi dari kecenderungan dengan hiburan yang tidak mendidik,"ucapnya.

Ia menambahkan, Para tokoh adat dan hukum  beserta sebahagian besar masyarakat Gampong Alue Gani sangat berharap untuk ke depannya pada acara acara pesta perkawinan hendaknya di sediakan satu malam dengan pergelaran ceramah agama dengan tidak menutup pintu bagi hiburan-hiburan lain yang bernuansa Agama.

"Mudah mudahan kedepan acara ceramah agama seperti ini bisa di terapkan di Pesta Perkawinan lainnya"ungkapnya. (Z)