29 Maret 2024
Gampong

Pemilihan Tuha Peut Gampong Keurisi Meunasah Beureumbang Menjadi Ajang Keseruan

Liputangampongnews.id - Pemilihan Tuha Peut kali ini sangat berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, sehingga dalam pemilihan tahun ini menjadi ajang keseruan, dalam pesta demokrasi bagi masyarakat di Gampong Keurisi Meunasah Beureumbang, kecamatan Jangka Buya kabupaten Pidie Jaya. Minggu (29/8/2021) 

Kepala Desa (Kades) Keurisi  Meunasah Beureumbang Asnawi Ali dalam arahannya mengatakan, pemilihan tersebut dilaksanakan seiring dengan akan berakhir masa jabatan tuha peut lama.

"Maka Pemerintah Gampong melaksanakan pemilihan tuha peut yang baru untuk periode 2021-2026," jelasnya.

Pemilihan Tuha Peut merupakan sebuah pesta demokrasi bagi masyarakat gampong, karena mereka akan dapat berpartisipasi langsung dengan memberikan hak suara untuk memilih Calon Tuha Peut yang bertanggung jawab, dan dapat memajukan potensi gampong.

Pemilihan secara umum ini, lanjutnya, supaya masyarakat dapat memilih sosok tuha peut yang menurutnya layak dan mampu dalam melaksanakan, tugas, wewenang dan fungsinya selaku tuha peut gampong.

Disampaikannya, warga yang mengikuti pemilihan keseluruhannya berjumlah 60 suara. Dalam pemilihan ini para kandidat yang maju adalah 6 orang calon. Namun sesuai ketentuan Gampong hanya membutuhkan 5 anggota. Sehingga satu diantaranya harus menerima kekalahan. 

Hasil pemilihan Kades menguraikan nama - nama Tuha Peut yang terpilih, Sesuai dengan perolehan suara, Anwar Sanusi 16 suara, Badruddin 15 suara, Samsul Bahri 12 suara, Bulqaini 11 suara, dan peserta yang terakhir Yusuf Bahri dengan perolehan 3 suara, kertas suara yang rusak 1, terangnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang singkat ini sudah sampai  penentuan Tuha Peut maka kades berharap, yang terpilih semoga amanah dalam menjalankan kepercayaan masyarakat dan bisa bersinergi dengan semua pihak.

Dalam penutupannya, Kades mengucapkan terimakasih kepada masyarakat telah ikut serta dalam pemilihan Tuha Peut secara demokratis. Ucapnya.  (Wanispijay)