26 April 2024
Daerah

Lembaga ARUN Ikut Andil dalam Program Penyuluhan Anti Narkoba.

Liputangampongnews.id - Ditahun 2021 ini BNNK Pidie Jaya kembali melanjutkan program terkait Gampong Besih Narkoba (BERSINAR) dan untuk program Gampong BERSINAR ini ditunjuk Gampong Alue Mee, Kecamatan Bandar Dua, Kabupatrn Pidie Jaya. Dan untuk saat ini sudah mulai sampai ditahap pembinaan untuk anak-anak usia remaja, dengan program Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika.

 Dalam acara 10 hari yang dilaksanakan di Gampong Alue Mee melalui dialog interaktif ini dihadirkan beberapa Narasumber yang berhubungan dengan dunia remaja, kali ini selain instansi pemerintah yang membawahi bidang tersebut BNNK Pidie Jaya juga melibatkan 2 Lembaga Swadaya Masyarakat untuk ikut berperan dalam kampanye Anti Narkoba yaitu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) ARUN yang memberikan sosialisasi terkait penerapan UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika khususnya penerapannya untuk anak-anak usia remaja dan upaya penangannaya terhadap anak-anak usia remaja. Dalam penyampain sosialisasi ini LBH ARUN langsung disampaikan oleh ketua sendiri yaitu Taufik Akbar, SH. Didalam penyampaian ketua LBH ARUN Taufik Akbar Yang juga berprofesi sebagai advokat LBH ARUN siap memberikan pendampingan hukum dari awal sampai akhir proses hukum terhadap anak, dan juga ditekankan bahwa apapun upaya hukum untuk anak bukan berarti hukum memberikan nkelonggaran terhadap pelaku anak, jangan sampai anak-anak justru menjadi sasaran para bandar narkoba dalam memuluskan usahanya. Yang pada intinya anak-anak sedini mungkin kita kenalkan bahwa narkoba adalah benda yang wajib di jauhi karena narkoba adalah perusak generasi bangsa. Selain melibatkan LBH ARUN kali ini juga melibatkan Lembaga Inspirasi  Keluarga Anti Narkoba (IKAN) yang merupakan Lembaga Anti Narkoba mitra kerja BNNK Pidie Jaya yang kiprahnya selama ini sudah tidak diragukan lagi dalam setiap kegiatan terkait Kampanye Anti Narkoba disemua Lini. Dalam hal ini Lembaga IKAN langsung di wakili oleh Ketua Umumnya M. Riski Syahdan, S.STP.

 Selanjutnya Taufik Akbar juga berharap Pemkab Pidie Jaya kedepan bisa menjadi Mitra kerja dalam hal pelayanan hukum , karena hadirnya LBH ARUN di Pidie Jaya justru akan ikut andil untuk membangun Pidie Jaya bukan menjadi lawan atau musuh bagi Pemkab Pidie jaya. Dan kegiatan yang dilakukan BNNK Pidie dengan menggandeng IKAN dan ARUN membuktikan hal yang luar biasa dan menimbulkan dampak positive dalam hal kampanye anti narkoba. Selanjutnya ditambahkan lagi oleh Ketua LBH ARUN bahwa dalam kurun waktu 8 bulan  berjalan sudah berhasil memberikan pelayanan hukum kepada 173 masyarakat Pidie Jaya yang membutuhkan bantuan hukum terkait kasus perdata secara Prodeo( Cuma-Cuma).

 Sedangkan dalam penyampain materi yang diberikan oleh Ketua Umum IKAN yang akrab dipanggil  Pak Riki mengajak remaj-remaja untuk merubah perilaku hidup menuju generasi muda yang akan menjadi Icon Model atau tauladan bagi generasi bangsa yang lain dalam hal memerangi narkoba ditekankan sekali lagi kita harus sedini mungkin menanamkan pada pikiran anak-anak kita bahwa narkoba itu jahat dan dampaknya sangat berbahaya, berawal dari diri kita,anak atau adik kita, keluarga , lingkungan dan masyarakat.

Di akhir acara para ketua Lembaga dengan kompak mengajak semua peserta untuk menjauhi barang haram Narkoba dengan semagat takbir yang disambut riuh oleh peserta yang berjumlah 10 orang. Sementara acara dialog interaktif ini ,masih akan berlangsung 10 hari kedepan dengan materi yang berbeda-beda setiap harinya. Ucapan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa kita ucapkan kepada BNNK Pidie Jaya yang sudah melibatkan kami dalam program sosialisasi ini, dan kami siap jika kedepan diminta untuk bergabung lagi. Lembaga ARUN adalah Lembaga Nasional yang menyebar di seluruh Indonesia dan rata-rata di daerah lain responsif pihak Pemkab setempat sangat luar biasa, dan khusus untuk Aceh Pidie Jaya ini kami sedang berjuang untuk membuktikan bahwa Lembaga Kami adalah Lembaga Yang betul-betul bekerja untuk rakyat, semoga respon Pemkab Pidie Jaya bisa seperti didaerah lain. Dan seandainya tidak terjadi musibah Corona Virus atau COVID 19 dan sedang diberlakukan PPKM, Insya Allah ARUN akan segera audiensi dengan Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk menyampaikan Visi Misinya, begitu Taufik Akbar, SH menutup perbincangan. (**)