08 September 2024
Daerah

Kontingen se-Aceh Ikuti Pawai Ta'aruf MTR XXII 2023 Pidie

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Dalam rangka menyambut Musabaqah Taruna Ramadhan (MTR) XXII Gerakan Pramuka Kwarda Aceh 2023, sebagai perkenalan antar kontingen, sebelum pembukaan nanti pada Senin 03 April 2023 malam di Gedung PCC Sigli, Panitia Pelaksana (Panpel) menggelar Pawai Ta'aruf.

Pawai Ta'aruf yang dilepas oleh Wakil Binahasa Kwarda Gerakan Pramuka Aceh, yang juga Ketua Panita Penyelengara Provinsi, Dr. Drs. H. Salman Ishak, M.Si, didampingi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pidie, Fadhlullah TM Daud, S.T.,  Asisten I, Drs. Samsul Azhar, Ketua Panitia Penyelenggara Kabupaten, H. Yusmadi Kasem, S.Pd., M.Si, Kabag Prokopim Setdakab Pidie, Teuku Iqbal, S.STP., M.Si., serta pengurus Pramuka lainnya.  

Pawai Ta'aruf ini diikuti oleh kontingen dari Kabupaten/Kota se-Aceh tersebut berlangsung dari pukul 16.15 wib (ba'da Ashar) sampai pukul 17.15 wib, dengan start Masjid Agung Al-Falah Sigli, menelusuri jalan protokol (alun-alun) sampai ke Pendopo Bupati Pidie.

Ketua Panpel Kabupaten, H. Yusmadi Kasem, menjelaskan, pawai Ta'ruf diikuti oleh kontingen daerah se-Aceh, bergerak dari Masjid Agung Al-falah, Ba'da Ashar, dan berakhir di Pendopo Bupati. 

"Pawai Ta'aruf merupakan tradisi dalam rangka perkenalan antar peserta sebelum dimulainya MTQ. Pawai Ta'aruf ini diikuti oleh seluruh kontingen. Ada 637 peserta bersama pimpinan kontingen masing- masing daerah yang ikut, dan dipandu oleh Panpel", terang H. Yusmadi Kasem.

Sebelumnya, pada Minggu malam tadi, sudah digelar gladi untuk acara pembukaan yang dilaksanakan pada Senin (03/04/2023) malam ini di Gedung PCC Sigli. 

"Gladi tadi malam yang dipandu oleh Protokoler  Kwarda Aceh, Cut Bang Abdullah Sani, dipantau langsung  oleh Asisten I Setdakab Pidie, bapak Drs. Samsul Azhar yang mewakili Pj Bupati, dan turut dihadiri oleh Ketua Kwarcab Pidie, bapak Fadhlullah TM Daud, S.T., Kadis DKP, Safrizal, S.STP., M.Ec., Dev.,  serta Kadisdik Dayah, drh. Muslizar Efendi", sebutnya.

H. Yusmadi Kasem, pada kesempatan itu juga berharap dukungan seluruh elemen masyarakat dalam kegiatan MTR XXII 2023.

"Kita berharap dukungan seluruh elemen masyarakat untuk suksesnya gelaran MTR XXII 2023 di Pidie, halnya gelaran berbagai event di Pidie sebelumnya", ucap Ketua Panpel Kabupaten MTR XXII Gerakan Pramuka Kwarda Aceh 2023.

Pantauan awak media ini, ribuan masyarakat Pidie berjajar disepanjang jalan, mulai dari Masjid Agung Al-Falah, jalan protokol (alun-alun) hingga di Pendopo Bupati  untuk menyaksikan pawai Ta'aruf yang diiringi Drumband tersebut.

Setibanya di Pendopo, peserta pawai Ta'aruf disambut oleh Pj Bupati Pidie bersama unsur Forkopimda, Ketua Kwarcab Pidie, Sekda, para Asisten, dan sejumlah pejabat Pidie lainnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab  Gerakan Pramuka Pidie, Fadhlullah TM Daud mengajak masyarakat Pidie, selaku tuan rumah untuk mendukung penuh guna kesuksesan MTR XXII 2023.

Ia juga mengatakan, Pramuka adalah tempat bernaungnya generasi muda yang sedang berproses untuk melatih jiwa kepemimpinan, penerus masa depan bangsa.

Halnya dengan gelaran Musabaqah Tunas Remaja (MTR) yang hanya digelar di Aceh, artinya di Pramuka ini juga dididik tentang agama, supaya nantinya akan melahirkan pemimpin-pemimpin berjiwa agamis, tetapi mereka juga berkemampuan yang handal. Merekalah, anak-anak muda sebagai pengurus umat dimasa akan datang, ujar Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Pidie.

"Mari kita semua, selaku tuan rumah untuk mensukseskan MTR XXII 2023, ramaikan semua arena tempat berlangsungnya perlombaan", ajak Fadhlullah TM Daud kepada semua warga Pidie. (AS)