19 April 2024
Gampong

BUMG Tanjong Jaya Ulim Launching Mesin Pemecah Kemiri

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID -  Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Gampong Tanjong, Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya melakukan Launching mesin pemecah kemiri dan anyaman rotan di Gedung BUMG setempat, Selasa (08/2/2022).

Direktur BUMG Tanjong Jaya Zulkifli menjawab liputangampongnews.id, Selasa (8/2) mengatakan, tahun ini BUMG Tanjong Jaya tahun anggaran 2021 mendapat pengalokasian dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 192.000.000,.

Kata Zulkifli, anggaran tahun 2021 kita belanjakan satu unit mesin pemecah kemiri, satu unit ayakan dan sepuluh unit kulkas.

Mulai hari ini mesin pemecah kemiri tersebut sudah mulai produksi. Diperkirakan hasil produksi dari 300kg kemiri mentah dapat menghasilkan 100kg kemiri kupasan, ujarnya.

Dari unit usaha BUMG ini menampung tiga orang tenaga kerja lokal, Zulkifli berharap BUMG Tanjong Jaya terus berkembang dan maju dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Selain itu, BUMG Tanjong Jaya juga ada unit usaha anyaman rotan yang mulai produksi sejak tahun 2021. Alhamdulillah sudah mulai berproduksi.

Untuk Pemasarannya BUMG memasarkan dipasar lokal, InshaAllah tahun depan kita akan tingkatkan hasil produksi untuk pengembangan usaha ini dan akan kita rambah sampai ke Banda Aceh, Sigli, Bireuen dan Kabupaten/Kota yang lain.

Sementara itu, Yushadi Keuchik Gampong Tanjong, Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya mengatakan, dengan adanya unit usaha ini dapat meminimalisir pengangguran di desa serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Keuchik berharap semua pihak dapat mendukung proses pengembangan unit usaha BUMG Tanjong Jaya demi kemajuan Gampong, tukasnya.

Sementara itu, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Ulim Jurniati, S.Pdi menuturkan, lahirnya unit usaha dari BUMG ini merupakan hasil kerja keras Pengurus dan seluruh elemen masyarakat Gampong Tanjong Ulim.

Pendamping lokal desa ini juga berharap BUMG ini dapat terus berbenah diri dan melakukan pengembangan unit usaha untuk mencapai target produksi dan bisa menguasai pasar lokal dan luar Kabupaten Pidie Jaya.

Dari dua unit usaha ini punya potensi pasar yang cukup bagus, katanya. Dia berharap pengurus BUMG untuk bekerja maksimal serius dan ikhlas.

Pihak pendamping desa, khususnya yang bertugas di Kecamatan Ulim siap membantu dan membina untuk pengembangan BUMG Tanjong Jaya.

Selai itu, dia juga berharap BUMG yang lain khususnya di Kecamatan Ulim dapat terus bergerak untuk sebuah hasil yang maksimal demi kemajuan Gampong, pungkasnya. (**)