19 Mei 2024
Sosial

Pemkab Pidie Jaya Serahkan Bantuan Masa Panik Kepada Keluarga Korban Bencana

Foto : Kepala Dinsos P3A Pidie Jaya Agusmaidi bersama Kabid Linjamsos Rajab melakukan penyerahan bantuan panik korban musibah yang disaksikan oleh sejumlah jajaran Dinas serta Keuchik dan tokoh masyarakat gampong setempat. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Awal tahun 2024 di akhir bulan Januari ini, telah terjadi sejumlah musibah di Wilayah Kabupaten Pidie Jaya. Diantaranya, terjadi kebakaran rumah dan banjir yang mengakibatkan salah satu rumah nyaris hanyut.

Dalam hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya langsung peduli dengan musibah yang menimpa warganya baru-baru ini.

Pantauan Liputan Gampong News, melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Pidie Jaya, Pemerintah menyerahkan bantuan masa panik kepada korban kebakaran di Gampong Kiran Baroh Kecamatan Jangka Buya dan korban banjir di Gampong Meurandeh Alue Kecamatan Bandar Dua, Selasa (30/1/2024).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Dinsos P3A Pidie Jaya Agusmaidi bersama Kabid Linjamsos Rajab dan sejumlah jajaran Dinas serta Keuchik dan tokoh masyarakat Gampong setempat.

Kepala Dinsos P3A Pidie Jaya, Agusmaidi, S.IP., MM kepada Liputan Gampong News Selasa (30/1) mengatakan pihaknya langsung menyiapkan bantuan setelah mendata keperluan dari korban berdasarkan laporan dari Camat melalui TKSK.

Tambahkan Agus, bantuan tersebut sebagai bukti kepedulian Pemerintah Pidie Jaya di bawah kepemimpinan pasangan ASLI (Aiyub Abbas & Said Mulyadi) terhadap warga yang mengalami musibah. Bantuan masa panik berupa sembako untuk dikonsumsi selama beberapa hari kedepan dan juga pakaian.

“Semua perlengkapan sembako seperti beras, telor, minyak, air, mie instan dan lain-lain. Kita juga memberikan pakaian, mukena, alat makan, terpal, tikar, kasur, alat masak dan lainnya,” sebutnya.

Kepada keluarga korban kebakaran, Agusmaidi meminta agar mereka untuk bersabar dan menerima ujian yang telah diberikan oleh Allah SWT.

"Jangan lihat dari segi nilainya, namun inilah kepedulian dari Pemerintah Pidie Jaya yang akan terus hadir di tengah masyarakat. Semoga bantuan yang diterima ini bisa membawa manfaat bagi korban," sampaikan Agusmaidi.

Informasi yang dihimpun, kebakaran yang menimpa rumah Tgk. Muhammad Ali (47), terjadi pada hari Minggu, 21 Januari 2024 sekitar pukul 23.10 wib. Penyebab Kebakaran diperkirakan karena Korseling Listrik, titik api muncul dari dapur.

Akibat kebakaran itu menghanguskan 5 karung Padi, 1 unit Kulkas, 1 unit mesin cuci dan menghanguskan sebagian isi dalam dapur termasuk pelaratan rumah tangga dan juga pakaian.

Sementara banjir yang menimpa Rumah Janda Ainal Mardiah (78) yang terjadi saat hujan deras mengguyur kawasan Pidie Jaya pada Jum'at (26/1/2024) malam.

Derasnya air mengalir dari banjir luapan mengakibatkan rumah milih koban yang berkonstruksi kayu itu nyaris terbawa arus. Bahkan semua isi dalam rumah tarsapu air. Dan Janda Ainal Mardiah terpaksa mengungsi ke rumah keluarganya di gampong lain. (*)