13 Mei 2024
Sosial

Masyarakat Pidie Jaya Bergerak Bantu Korban Gempa Turki

Foto : Rapat Koordinasi Penggalangan Dana Untuk Korban Gempa Turki | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS. ID Pidie Jaya - Atas nama kemanusiaan sejumlah elemen masyarakat Pidie Jaya bergerak menggelar rapat koordinasi untuk membantu korban gempa bumi Turki. Rapat tersebut digelar di Lantai 2 Jeddah Kupi, Sp. Jalan Layang Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (08/2/2023). 

Kegiatan rapat tersebut diinisiasi oleh sejumlah relawan kemanusian yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Pidie Jaya Peduli Turki. Mereka tergerak hatinya untuk membantu saudara tua nya yang sedang tertimpa musibah Gempa Bumi berkekuatan 7,8 M beberapa hari yang lalu. 

Untuk diketahui, Korban jiwa akibat gempa Magnitudo (M) 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah saat ini telah bertambah menjadi lebih dari 11.200 orang. Angka terbaru pada Rabu (8/2) ini disampaikan seiring tim penyelamat terus berjuang untuk menyelamatkan para korban yang terjebak di bawah puing-puing bangunan, di tengah musim dingin yang ekstrem.

Rapat Koordinasi tersebut dipimpin oleh Ketua Harian Gerakan Masyarakat Pidie Jaya Peduli Turki, Fazli Husin, S.H.I di Lantai 2 Jeddah Kupi, Sp. Jalan Layang, Meureudu, Pidie Jaya. 

Pada kesempatan itu, Fazli Husin mengatakan, pengumpulan Donasi akan dilakukan di 222 Gampong yang ada di kabupaten Pidie Jaya. Selain itu, pihaknya juga akan menggalang dana di semua sekolah yang ada di Pidie Jaya. Baik tingkat Dasar, Menengah maupun tingkat Atas. 

Alumnus Fakultas Syariah UIN Ar-Raniry itu juga menyampaikan bahwa, mekanisme pengumpulan dana tidak dilakukan dengan aksi jalanan. Hasil keputusan rapat siang tadi kita telah sepakati penggalangan dilakukan dengan cara jemput bola ke Gampong-gampong. 

Sementara itu, T. Iskandar Ketua Forum Keuchik Kecamatan Bandar Baru mengatakan, kita akan libatkan semua Keuchik, Aparatur Gampong, Ketua Pemuda serta Tokoh Masyarakat di Pidie Jaya untuk aksi kemanusiaan ini, ujar Iskandar yang juga Bendahara Forum Keuchik Kabupaten Pidie Jaya. 

Sementara, Ketua Forum Keuchik Kecamatan Trienggadeng Fauzul pada kesempatan itu juga mengatakan, pihaknya siap melakukan aksi kemanusiaan ini untuk membantu saudara kita yang terdampak gempa di Turki. penggalangan tidak dilakukan dijalanan, namun aksi ini dilakukan dengan cara door to door. Nanti kita akan bentuk Tim untuk penggalangan ini. 

Usai rapat Koordinasi, sejumlah  relawan langsung melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Jaya, Ir. Jailani Beuramat di Musalla Cot Trieng, Komplek Perkantoran Bupati Pidie Jaya. 

Sekda Pidie Jaya, Ir. Jailani Beuramat menyambut baik dan mengapresiasi gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh Gerakan  Masyarakat Pidie Jaya untuk korban gempa Turki. Pihaknya, segera berkoordinasi dengan Pimpinan Daerah untuk mendukung kelancaran kegiatan itu. 

"Saya akan bicarakan hal ini dengan Pimpinan Daerah, Pemkab menyambut baik rencana aksi Kemanusiaan ini, mengingat Turki sangat banyak membantu kita saat Gempa dan Tsunami melanda Aceh, ucapnya. 

Khairuddin, Ketua Forum Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Pidie Jaya mengatakan, Kali ini masyarakat Pidie Jaya tidak akan melakukan aksi jalanan mengumpulkan Dana untuk membantu saudara tua kita di Turki.

Kekuatan terbesar rakyat Aceh adalah Gampong-Gampong yang tersebut di segala penjuru, InshaAllah dengan pola ini semua elemen akan tergerak dan bergerak menyumbang untuk saudara kita di Turki, pungkasnya. 

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Forum Keuchik dari Delapan Kecamatan se Kabupaten Pidie Jaya, Perwakilan Pendamping Desa dari Delapan Kecamatan, Pelajar Islam Indonesia (PII) Pidie Jaya, Forum Anak Pidie Jaya, Manager Pusdalops PB Pidie Jaya, Awak Media dan Sejumlah tokoh muda dan tokoh masyarakat Pidie Jaya. (**)