27 Juni 2022
Gampong

Gampong Buket Teukuh Gelar Pelatihan Kerajinan Ibu-Ibu

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID -  Pembinaan ibu ibu di Gampong Buket Teukuh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen , Rabu 23/02/ 2022. 

Saifudin Ketua Kelompok pengrajin tepas bambu di Gampong Buket Teukuh kecamatan kota juang Kabupaten Bireuen mengatakan, pihaknya menjalankan roda usaha mereka secara tradisional. Praktis tidak banyak inovasi yang dilahirkan dari kerajinan tepas bambu dan kursi bambu sedangkan modal usaha yang dimiliki sangat terbatas.

Minimnya program-program pemberdayaan yang diinisiasi oleh pemerintah daerah dan pemerintah desa terhadap para pengrajin membuat usaha ini jalan di tempat.  

Kualitatif ini menggambarkan bahwa selama ini para pengrajin tepas bambu ,kursi di Gampong Buket Teukuh memiliki strategi dalam mempertahankan keberlangsungan usaha mereka. Dukungan Pemerintah Provinsi dan kabupaten sangat membantu perekonomian masyarakat kami, 
Kata Saifuddin.

Para perajin yang sedang ikut Pelatihan juga mendapat kan upah perhari selama mengikuti Bimbingan dan Pelatihan.

Jumlahnya saya tidak tahu, karena belum melihat RAB anggaran sebenarnya, ujar Saifuddin.

Saifuddin tidak memungkiri dengan adanya pembinaan  dan  pelatihan kerajinan ini , bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat  khususnya ibu ibu , maka Pemprov Aceh mengundang instruktur pembinaan kerajinan dari kabupaten Bandung,  2 orang, Agus dan Farid. 

Agus,  menjelaskan Kedatangan kami berdua ke kabupaten Bireuen  karena di undang oleh Pemrov Aceh  untuk memberikan pembinaan dan pelatihan  kerajinan kepada ibu ibu dengan tujuan untuk bisa meningkat kan ekonomi ibu ibu di Gampong , dengan beberapa motif jangan hanya berpatokan pada satu motif saja  berupa anyaman dari bambu , dan kursi dari bambu yang lebih bervariasi, pungkas Agus .

Sedangkan Helmi Iskandar S.Sos Msi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong  Prov.Aceh ketika di temui di lokasi kepada media ini menjelaskan ' bahwa pembinaan dan pelatihan  kerajinan yang di berikan kepada ibu ibu yang ada di Gampong Buket Teukuh  Kecamatan Kota Juang Kabupaten  Bireuen , bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi khususnya ibu ibu . 

Untuk desa yang dapat pembinaan dan pelatihan  kerajinan berdasarkan verifikasi di lapangan . Dan semoga dengan ada nya pembinaan dan pelatihan kerajinan ini berupa anyaman dari bambu , mampu meningkat kan ekonomi pengrajin  dan menambah ilmu bagi warga Gampong setempat.

Dan program program pembinaan dan pelatihan kerajinan untuk ibu ibu tersebut atas aspirasi  anggota DPRA dr. Purnama Setia Budi.

Pewart:a: Adi Saleum